Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko PMK: Perlu Siapkan Protokol Pertandingan Sepak Bola dengan Penonton

Senin, 26 April 2021 16:02 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan medali perak kepada para pemain dan official Persib Bandung yang merupakan juara dua Piala Menpora 2021, Minggu (25/4) malam. (Foto: Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan medali perak kepada para pemain dan official Persib Bandung yang merupakan juara dua Piala Menpora 2021, Minggu (25/4) malam. (Foto: Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, lembaga terkait harus merancang protokol kesehatan sepak bola, jika penonton diperbolehkan menyaksikan pertandingan di stadion. Piala Menpora bisa dijadikan titik awal kebangkitan sepak bola meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Muhadjir usai menyaksikan laga final leg kedua Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta versus Persib Bandung, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (25/4) malam.

Dia mengapresiasi pelaksanaan secara keseluruhan Piala Menpora 2021, yang digadang akan menjadi model awal untuk menggulirkan pertandingan sepak bola selama pandemi.

Baca juga : Indonesia Siapkan Negosiator Handal Untuk Perundingan Iklim Tingkat Global

"Saya harap menjadi titik awal kebangkitan sepak bola nasional kita. Dan saya kira sebagai bentuk prototipe, Piala Menpora 2021 sudah sangat bagus. Terutama dalam kepatuhan protokol kesehatan," ujarnya, usai menyaksikan pertandingan.

Muhadjir mengatakan, untuk ke depannya masih perlu dirancang bagaimana protokol kesehatan yang tepat apabila sudah diperbolehkan penonton dan suporter hadir di stadion.

"Tinggal bagaimana nanti penyelenggara merancang protokol kesehatan untuk penonton kalau nanti pertandingan sudah diperbolehkan ada penonton," imbuh eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini.

Baca juga : Jokowi: Tetap Eling Lan Waspodo, Jangan Sepelekan Covid

Dia berharap, ke depannya pertandingan sepak bola bisa menghadirkan penonton di stadion, serta tetap sukses menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Saya berharap pertandingan sepakbola tidak sehambar ini. Akan lebih seru kalau ada penonton. Karena sepak bola tanpa penonton seperti makan tanpa garam," harap Muhadjir.

Muhadjir, dalam kesempatan itu, juga bertugas menyerahkan medali perak kepada para pemain dan official Persib Bandung yang merupakan juara dua Piala Menpora 2021.

Baca juga : Menpora Pantau Penerapan Prokes Pelatnas NPC Paralimpiade Tokyo

Pertandingan Persija vs Persib berlangsung dengan tempo cukup lambat sejak wasit meniup peluit babak pertama. Kedua tim pun sangat berhati-hati dalam jual beli serangan.

Hasil akhir pertandingan, Persija Jakarta menang 2-1 atas Persib Bandung. Hasil ini mengantarkan Persija mengangkat trofi Piala Menpora 2021 dengan agregat sangat meyakinkan 4-1, lantaran tim Macan Kemayoran menang 2-0 atas Persib di leg pertama.

Pertandingan dihadiri pula oleh Menpora Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketum PSSI Mochammad Iriawan, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.