Dark/Light Mode

Operasikan Penerbangan Kemanusiaan

Garuda Terbangkan 120 Tenaga Medis & 20 Ton Bantuan Untuk Korban Gempa Turki

Senin, 13 Februari 2023 21:17 WIB
Penerbangan kemanusiaan yang dioperasikan Garuda Indonesia untuk membantu korban gempa bumi Turki. (Foto: Dok. Garuda)
Penerbangan kemanusiaan yang dioperasikan Garuda Indonesia untuk membantu korban gempa bumi Turki. (Foto: Dok. Garuda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan kemanusiaan menuju Turki dengan menerbangkan sedikitnya 120 orang tenaga kesehatan serta 20 ton bantuan, Senin (13/2). Bantuan kemanusiaan itu berupa kebutuhan logistik dan kebutuhan tanggap bencana yang diinisiasi pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk korban gempa di Turki. Penerbangan kemanusiaan tersebut dilayani dengan armada Airbus A330-300 dan merupakan penerbangan pertama dari dua penerbangan kemanusiaan pemerintah Indonesia ke Turki yang rencananya akan diangkut Garuda Indonesia.

Penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Internasional Adana Sakirpasa, Turki, melalui Jeddah. GA 7980 diberangkatkan dari Halim, Senin (13/2), pukul 09.00 WIB, dan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, pukul 15.20 waktu setempat. Selanjutnya diberangkatkan dari Jeddah pukul 16.50 waktu setempat dan direncanakan akan tiba di Bandara Adana Sakirpasa pada pukul 19.50 waktu setempat.

Baca juga : Prabowo Lepas Keberangkatan Bantuan Kemanusiaan RI Untuk Turki

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan tersebut merupakan bentuk komitmen Garuda untuk senantiasa menjalankan mandat sebagai national flag carrier, mendukung penuh solidaritas antarnegara khususnya dalam menjalankan misi kemanusiaan.

“Melayani penerbangan kemanusiaaan ini memiliki arti tersendiri bagi kami sebagai national flag carrier. Ini untuk dapat terus menjaga mandat kami dalam berkontribusi menjaga nilai-nilai kebangsaan dengan menjadi garda terdepan untuk mewujudkan kepedulian bangsa Indonesia kepada rakyat Turki melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman,” jelas Irfan, dalam keterangannya yang diterima RM.id, Senin (13/2).

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Beri Bantuan Material Pembangunan

Irfan memaparkan, prosedur pemberangkatan tenaga kesehatan dan bantuan logistik tersebut telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara.

“Melalui kesempatan ini, kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang secara intensif mendukung kelancaran seluruh proses penerbangan kemanusiaan ini sehingga dapat terealisasi secara optimal. Sinergi bersama dalam misi kemanusiaan ini, kami yakini tidak hanya menjadi upaya berkelanjutan dalam mendukung hubungan bilateral yang telah terjalin dengan solid, namun juga menjadi representasi penting dalam menyuarakan pesan kemanusiaaan antarnegara ditengah situasi bencana di Turki,” tutup Irfan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.