Dark/Light Mode

Yunani Punya PM Baru Dari Sayap Kanan

Senin, 8 Juli 2019 14:17 WIB
Kyriakos Mitsotakis melambaikan tangan kepada pendukungnya. Kubu yang mengusungnya sebagai per da na menteri, memenangi pemilihan umum, kemarin. (foto Reuters)
Kyriakos Mitsotakis melambaikan tangan kepada pendukungnya. Kubu yang mengusungnya sebagai per da na menteri, memenangi pemilihan umum, kemarin. (foto Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yunani telah memilih pemimpin baru dalam pemilu Minggu (7/7). Politisi berhaluan kanan-tengah Yunani, Demokrat Baru, memenangkan pemilihan umum. Dari 94 persen suara pemilih, Partai Demokrat Baru meraup 40 persen suara. Meninggalkan partai Syriza yang mengusung PM Alexis Tsipras.

Syriza meraup 31,5 persen suara. PM Tsipras mengakui kekalahannya atas rivalnya, Kyriakos Mitsotakis. Mitsotakis merupakan putra bekas Perdana Menteri Konstantinos Mitsotakis. Adiknya, Dora Bakoyannis, adalah Wali kota Athena ketika kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2004.

Baca juga : Mau Ke Bali, Bisa Naik Garuda Dari Bandara Kertajati

Perdana Menteri terpilih, Mitsotakis mengatakan kepada pendukungnya bahwa dia telah diberi mandat yang kuat untuk melakukan perubahan.

"Negara ini dengan bangga mengangkat kepalanya kembali," kata Mitsotakis di hadapan para pendukungnya di Athena. Dia menekankan akan menjadi pemimpin bagi semua kalangan. Mitsotakis berjanji akan menciptkanan lapangan pekerjaan baru, menciptakan keamanan dan pertumbuhan ekonomi untuk Yunani. Negeri Dewa-Dewi ini memang sudah mengalami krisis ekonomi dan kenaikan angka pengangguran selama lima tahun terakhir.

Baca juga : Menristek Jawab Kritikan Mendikbud

Yunani pun terpaksa harus berhutang dengan Bank Dunia dan IMF untuk mempertahankan jalannya pemerintahan.

Tsipras mengonfirmasi bahwa dia telah menelepon Mitsotakis untuk mengucapkan selamat. Ucapan selamat juga datang dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Ketua Komisi Eropa, yang akan segera pensiun, Jean-Claude Juncker.

Baca juga : Menteri Rini Nggak Mau BUMN Ketinggalan Zaman

"Hari ini, dengan kepala tegak, kami menerima vonis rakyat. Untuk membawa Yunani ke posisi sekarang, kami harus mengambil keputusan yang sulit dengan biaya politik yang besar," tutur Tsipras.

Tingkat partisipasi dalam pemilu kali ini adalah sekitar 57 persen, salah satu angka terendah dalam beberapa dekade. Tsipras, yang meraih kekuasaan pada 2015, menyerukan pemilu setelah mengalami kekalahan dalam pemilu lokal dan Eropa pada Mei. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :