Dark/Light Mode

Resepsi Diplomatik HUT Ke-77 RI Di Bandar Seri Begawan Pukau Ratusan Tamu Undangan

Rabu, 14 September 2022 15:28 WIB
Resepsi Diplomatik memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI, Selasa (13/9), pukul 19.30, bertempat di Songket Hall, Hotel Rizqun, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. (Foto: Istimewa)
Resepsi Diplomatik memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI, Selasa (13/9), pukul 19.30, bertempat di Songket Hall, Hotel Rizqun, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 300 tamu undangan terpukau dengan penampilan tari-tarian Indonesia dalam km

Selain pertunjukan budaya, juga ditampilkan kuliner dan promosi wisata serta pameran mini ekonomi kreatif Indonesia. 

“Tari-tarian Indonesia dimainkan oleh anak-anak Indonesia yang berdomisili di Brunei dan dilatih oleh Sanggar Seni Nusantara binaan Dharma Wanita Persatuan Kedutaan Besar RI,“ demikian disampaikan Duta Besar RI Sujatmiko saat menanggapi pertanyaan tamu kehormatan. 

Bertindak sebagai Tamu Kehormatan adalah Menteri Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Negara Brunei Darussalam Dato Seri Setia Haji Nazmi bin Haji Mohamad dan Isteri dan tamu undangan lainnya yaitu para pejabattinggi, pengusaha, akademisi, pemuka masyarakat Brunei dan kepala perwakilan asing serta perwakilan tokoh masyarakat Indonesia di Brunei.

Baca juga : Surge Bakal Luncurkan Ekosistem Multiverse Terbaru, MyVerse

Mereka kagum akan pertunjukan dankeragaman budaya yang ditampilkan serta kelezatan makanan Indonesia yang dihidangkan. Dekorasi panggung dan tata ruang gedung pertunjukan yang bernuansakan kental Indonesia juga turut menjadi perhatian dan kekaguman pengunjung.

Pada penyampaian pidato pembukaan, Duta Besar RI Dr. Sujatmiko menyatakan bahwa hubungan kedua negara semakin kuat, walaupun dalam situasi yang penuh tantangan beberapa tahun terakhir ini. Keberlanjutan pertemuan, saling kunjung, serta komitmen baru telah disepakati dalam berbagai bidang.

Hubungan perdagangan kedua negara juga semakin meningkat. Volume perdagangan kedua negara meningkat dari 204,3 juta dolar AS di tahun 2020 menjadi 374,2 juta dolarAS pada 2021.  Duta Besar RI berharap hubungan kedua negara terus semakin kuat dan kokoh.

Duta Besar RI, atas nama masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di Brunei, juga menyampaikan apresiasinya kepada Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam yang telah diberikan kesempatan untuk bekerja di Brunei.

Baca juga : Hari ASEAN Ke-55, KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Pertandingan Bulutangkis Persahabatan

Dalam kesempatan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Sultan Haji Hassanal Bolkiah menyampaikan bahwa Pekerja  Migran Indonesia diakui telah memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi Brunei.

Di awal acara, Tari Pendet ditampilkan untuk menyambutkedatangan Tamu Kehormatan dan Isteri. Tarian lain adalahGunung Sari, Pakarena, Piring, Merak, dan penampilan MusikAngklung. Sebagai penutup, ditampilkan Tari Saman yang mendapat applaus penonton. 

Sebagai kejutan dari pagelaran budaya ini adalah tampilnyaDuta Besar dan Atase Pertahanan bergabung menabuhgendang dengan para pemain Angklung. Duta Besar juga menyempatkan ikut menyanyi “Indonesia Pusaka” yang dimainkan tim Angklung.  

Acara resepsi diplomatik tersebut merupakan puncak darirangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun ke-77 kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Bandar Seri Begawan.

Baca juga : Zulhas Kenakan Baju Adat Lampung Twist Modern

Sebelumnya, telah berlangsungPertandingan Olahraga, Donor Darah serta PemeriksaanKesehatan, Funbike, dan Pasar Rakyat. Resepsi diplomatik kali ini terselenggara pertama kalinya setelah dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.