Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadiri HUT RI ke 77 Di Istana Negara

Zulhas Kenakan Baju Adat Lampung Twist Modern

Rabu, 17 Agustus 2022 19:38 WIB
Mendag Zulkifli Hasan dan istri. (Foto: Ist)
Mendag Zulkifli Hasan dan istri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri upacara HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/8) pagi.

Zulhas, begitu ia disapa, hadir menggunakan baju adat Lampung twist modern untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN ini menggunakan baju adat Lampung twist modern hasil desain dari designer muda asli indonesia Olive & Hers.

Baca juga : Meriahkan HUT RI Ke-77, Olsera Dan iMin Hadirkan Paket POS Dan Promo Menarik

Zulhas didampingi sang putri yakni Futri Zulya Savitri untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara, Jakarta.

Tak cuma Mendag Zulhas, sejumlah tamu undangan yang mengikuti upacara tersebut juga mengenakan pakaian daerah.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca juga : Upacara HUT RI Di Istana Negara, Erick Dan Istri Pakai Baju Adat Rote, Ini Alasannya...

Kompak dengan sang istri, Iriana Joko Widodo. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno.

Baca juga : Bamsoet: MPR Akan Lakukan Terobosan Hukum

Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.