Dark/Light Mode

Ribuan Penonton Antusias Saksikan Indonesian Cultural Night 2022 Di Bangkok

Senin, 19 September 2022 19:42 WIB
Indonesian Cultural Night di Gedung Pic-Ganesha Theater, Siam Square One Bangkok, Minggu (18/9). (Foto: KBRI Bangkok)
Indonesian Cultural Night di Gedung Pic-Ganesha Theater, Siam Square One Bangkok, Minggu (18/9). (Foto: KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand, menggelar kegiatan Indonesian Cultural Night pada Minggu (18/9). Acara itu merupakan bagian dari Trade, Tourism, Investment, and Culture Forum (TTICF) yang digelar 16 September-18 September 2022.

Acaranya berlangsung meriah. Dengan hampir seribuan orang hadir di Gedung Pic-Ganesha Theater, Siam Square One, Bangkok. Mulai dari pejabat Pemerintah Thailand, diplomat, pengusaha, Indonesianist, alumni penerima beasiswa Indonesia serta pecinta seni dan budaya Indonesia di Thailand.

Sebagai tamu kehormatan, hadir perwakilan Kerajaan Thailand, dan Sri Paduka Mangkunegoro X dari Pura Mangkunegaran. Selain itu hadir Gubernur Provinsi Suphanburi, Thailand, Nattapat Suwanprateep. 

Baca juga : Puan Dukung Film Indonesia Berlaga Di Ajang Piala Oscar

Dubes RI untuk Thailand Rachmat Budiman menyampaikan, Indonesian Cultural Night 2022 merupakan salah satu upaya KBRI Bangkok, untuk lebih meningkatkan pengetahuan masyarakat Thailand mengenai  Indonesia. Kendati selama ini masyarakat Thailand sudah mengenal Indonesia, serta adanya ikatan budaya antara kedua negara yang telah berlangsung lama. Bahkan sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan di kawasan.

"Namun upaya untuk terus memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat setempat harus tetap terus dilaksanakan guna lebih meningkatkan people-to people contact," kata Rachmat, dalam keterangan resmi yang diterima RM.id, Senin malam (19/9).

Dia yakin, seni budaya merupakan salah satu aspek penting dalam menumbuhkan saling pengertian yang menyeluruh. "Hal ini tentunya akan berkontribusi besar terhadap upaya menguatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand," ujarnya.

Baca juga : Jasa Raharja Gaet Mahasiswa Hadirkan Inovasi Keselamatan Berlalu Lintas

Dua jam pertunjukan seperti tak terasa. Para penonton tidak beranjak dan menikmati setiap aneka pertunjukkan. Pada malam budaya ini dipertunjukkan beragam seni budaya Indonesia. Mulai dari tampilan Tari Gatotkaca Pergiwa, Tari Rampai Aceh, Tari Gambyong Pareanom dan Tari Bondoyudho, “Ngarak Pengaten Betawi”, Tari dan Lagu yang diiringi kombinasi musik Angklung dan Kolintang, dan Kolaborasi Musik Dangdut (Indonesia) dan Looktung (Thailand). 

Kolaborasi musik Dangdut dan Looktung tersebut merupakan salah satu upaya mengimplementasikan kerja sama di bidang ekonomi kreatif, antara Indonesia dan Thailand. Dan dalam kolaborasi pertunjukan musik, Dubes Rachmat secara khusus tampil membawakan lagu berbahasa Thailand berjudul Talay Jai (Ocean Heart). Lagu itu merupakan karya grup band terkenal Thailand, Carabao. 

Para penonton juga dihibur dengan penampilan 76 anak-anak Sekolah Indonesia Bangkok gabungan siswa siswi. Mulai tingkat SD sampai SMA. Yang menampilkan Tari dan Lagu “Sipatokaan” sambil memainkan Angklung dan Kolintang.

Baca juga : Ketua MPR Dukung Penyelenggaraan Udayana Festival 2022 Di Bali

Indonesia Cultural Night juga dimeriahkan kehadiran langsung para penari, musisi, dan penyanyi Tanah Air, yang tergabung dalam Tim Budaya Pemda Provinsi DKI, Tim Budaya Pura Mangkunegoro. Tim itu dipimpin langsung Sri Paduka Mangkunegoro X.  Selain itu, Indonesian Cultural Night turut dimeriahkan oleh Tim Budaya Pemerintah Provinsi Suphanburi dan Creative Economy Agency (CEA). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.