Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Dia, 6 Istri Kepala Negara Yang Hadir Di KTT G20 Bali

Selasa, 15 November 2022 11:05 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - KTT G20 di Nusa Dua, Bali yang digelar pada 15-16 November 2022, dihadiri 17 kepala negara. Terdiri dari Indonesia, Amerika Serikat, China, Korea Selatan (Korsel), Kanada, Inggris, Italia, Turki, Argentina, Australia, India, Afrika Selatan, Jepang, Jerman, Prancis, dan Uni Eropa.

Tiga kepala negara: Rusia, Meksiko, Brazil tak dapat hadir.

Presiden Rusia Vladimir Putin diwakili Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergey Lavrov.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador diwakili Menlu Meksiko Marcelo Ebrard. Sedangkan Presiden Brazil, diagendakan hadir secara virtual.

Sekadar info, 30 Oktober lalu, Brazil baru saja menuntaskan Pilpres putaran kedua, yang hasilnya dimenangkan veteran sayap kiri Luis Inacio Lula da Silva, dengan angka 50,9 persen. Mengalahkan petahana sayap kanan Jair Bolsonaro.

Dari 17 negara yang hadir, tercatat enam istri kepala negara G20, yang ikut mendampingi suaminya ke Bali. Berikut rinciannya:

1. Istri Presiden RI, Ibu Iriana Joko Widodo

Iriana yang lahir pada 1 Oktober 1963 adalah Ibu Negara Indonesia sejak 20 Oktober 2014.

Nama "Iriana" merupakan pemberian dari kakeknya, yang berprofesi sebagai guru, setelah pulang dari Irian Jaya (saat ini Papua, Red).  

Baca juga : SIM Kelliling Jakarta 15 November, Hadir Di 5 Lokasi

Pertemuan pertama Iriana dengan Joko Widodo terjadi, ketika Iriana bertandang ke rumah Lit Sriyanti, adik Jokowi, yang merupakan teman sekolahnya di SMA Negeri 3 Surakarta.

Selepas SMA, Iriana sempat mengenyam pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Namun, hanya enam semester. Karena keburu menikah dengan Joko Widodo pada 24 Desember 1986.

Dari pernikahannya dengan Joko Widodo yang terpaut usia dua tahun, Iriana dianugerahi tiga anak: Gibran Rakabuming Raka yang telah memiliki tiga anak, Kahiyang Ayu yang telah mempunyai dua anak, dan Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Putri Indonesia DIY 2022: Erina Gudono pada Desember mendatang.

2. Istri Perdana Menteri (PM) Jepang, Yuko Kishida

PM Jepang Fumio Kishida dan istri, Yuko Kishida, saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11). (Foto: Antara)

Yuko Kishida yang lahir di Miyoshi, Prefektur Hiroshima pada 15 Agustus 1964 adalah istri Perdana Menteri Jepang sejak 2021.

Yuko yang merupakan putri tertua bos real estate, adalah alumnus Tokyo Women’s Christian University.

Dia menikah dengan Kishida, yang berselisih usia tujuh tahun, pada tahun 1988. Pernikahan mereka dikaruniai tiga anak. 

Pada 4 Oktober 2021, suaminya menjadi Perdana Menteri Jepang setelah memenangkan pemilihan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal. 

3. Istri Presiden Korsel, Kim Keon-hee

Presiden Korsel Yoon Suk-yeol bersama istrinya, Kim Keon-hee, setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Senin (14/11) dini hari. (Foto: Media Center G20)

Baca juga : Menlu Rusia Sergey Lavrov Siap Hadiri KTT G20 Bali

Kim Keon-hee yang lahir pada 2 September 1972, adalah istri Presiden Korsel Yoon Suk-yeol. Dia menikah dengan Yoon, yang terpaut usia 12 tahun pada tahun 2012.

Peraih gelar sarjana Seni dari Kyonggi University ini, menjabat Presiden dan Direktur Utama Covana Contents, yang merupakan perusahaan pameran seni.

Yoon yang merupakan mantan jaksa, berhasil memenangkan Pilpres Korsel dalam pengumuman 10 Maret 2022.

Kemenangannya membentuk kembali masa depan politik negara terbesar keempat ekonomi Asia, di tengah gelombang ketidakpuasan atas kebijakan ekonomi, skandal, dan perang gender.

4. Istri Presiden Turki, Emine Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istri, Emine Erdogan, tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20. (Foto: Anadolu Agency via Getty Images)

Ibu Negara Turki sejak 28 Agustus 2014 ini, terlahir dengan nama Emine Gulbaran pada 21 Februari 1955, sebagai bungsu dari lima bersaudara.

Tanggal ulang tahun Emine dengan suaminya: Recep Tayyip Erdogan yang beda usia 1 tahun, hanya terpaut lima hari. Emine tanggal 21 Februari, Erdogan 26 Februari.

Emine yang lahir di Siirt dan tumbuh di Uskudar, Istanbul adalah keturunan etnis Arab.

Dari pernikahannya dengan Erdogan pada 4 Juli 1978, Emine dikaruniai empat anak: Ahmet Burak Erdogan, Necmettin Bilal, Sumeyye, dan Esra.

Baca juga : Saudara Yang Harus Dirangkul

5. Istri PM Spanyol, Maria Begona Gomez Fernandez

Presiden Spanyol Pedro Sanchez dan istri, Maria Begona Gomez Fernandez, menuruni tangga pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Senin (14/11). (Foto: Tangkapan layar Antena3)

Maria Begona Gomez Fernandez adalah istri Presiden Spanyol Pedro Sanchez. Wanita kelahiran Bilbao 47 tahun silam ini, juga dikenal sebagai politisi.

Dari pernikahannya dengan Pedro Sanchez (50), Begona Gomez dikaruniai dua anak.

Pedro Sanchez adalah seorang ekonom dan politikus Spanyol yang menjabat Perdana Menteri Spanyol, sejak 2 Juni 2018. Dia menduduki posisi Sekretaris Jenderal Parati Buruh Sosialis Spanyol untuk kedua kalinya, setelah memenangkan pemilihan pemimpin partai pada Juni 2017.

6. Istri Presiden China, Peng Liyuan

Presiden China Xi Jinping dan istri, Peng Liyuan tiba di Bali pada Senin (14/11). (Foto: Antara)

Wanita kelahiran 20 November 1962 ini adalah seorang artis dan penyanyi foklor kontemporer China yang terkenal.

Peng Liyuan menjadi Ibu Negara China, sejak Xi Jinping resmi memimpin Negeri Tirai Bambu pada 15 November 2012.

Pada 2014, Forbes mendaulat Peng Liyuan sebagai wanita paling berkuasa sejagat, di urutan 57. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.