Dark/Light Mode

Dubes Ceko Kunjungi ITS, Perluas Kerja Sama Pendidikan Tinggi

Kamis, 24 November 2022 06:30 WIB
Dubes Jaroslav Dolecek (kiri) dan Rektor ITS Mochamad Ashari. (Foto Humas ITS)
Dubes Jaroslav Dolecek (kiri) dan Rektor ITS Mochamad Ashari. (Foto Humas ITS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, kembali membuka peluang kerja sama internasional dan teknologi inovasi dengan berbagai pihak. Kali ini, salah satu kampus terbaik di Indone￾sia itu, memperluas kerja sama untuk pendidikan tinggi dengan Republik Ceko.

Pada Jumat (18/11), Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek mengunjungi kampus ITS. Ini merupakan kunjungan kedua kalinya.

Baca juga : Hadapi Ancaman Resesi, Jateng Perkuat Kerja Sama Dengan Pemerintah Swiss

Di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat ITS, Dolecek beserta rombongan Kedubes Ceko, disambut hangat Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari. Pada pertemuan itu, Rektor Ashari memaparkan, bahwa ITS sudah banyak bekerja sama dengan Kedubes Ceko dan institusi pendidikan Ceko.

“Kali ini, terdapat peningkatan kerja sama antara Kedubes Ceko dan ITS. Salah satunya adalah program internasionalisasi dan teknologi inovasi untuk mahasiswa Ceko dan ITS,” ucap Ashari, dalam keterangan ITS, kemarin.

Baca juga : Dubes RI Untuk Pakistan Perluas Kerja Sama Kosmetik Halal

Sebelumnya, kedua pihak juga telah menjalani serangkaian kerja sama pertukaran mahasiswa dan beasiswa yang dinilai berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), hingga kinerja teknologi inovasi di masing-masing negara. Salah satunya, program Indonesian International Student Mobility Awards-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (IIS￾MA-MBKM).

Tak hanya itu, ITS memiliki tiga Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan tiga universitas di Ceko. Ada beberapa rencana untuk pertukaran pelajar mahasiswa ITS di Ceko. Beberapa universitas di antaranya adalah Technical University of Ostrava, Brno University of Technology, dan Czech Techical University in Prague (CTU).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.