Dark/Light Mode

KBRI Seoul Dukung Binus University Jalin Kemitraan Di Korsel

Rabu, 18 Januari 2023 15:05 WIB
Dubes RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto (kiri) dan Rektor Binus University, Prof Dr Harjanto Prabowo. [Foto: KBRI Seoul]
Dubes RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto (kiri) dan Rektor Binus University, Prof Dr Harjanto Prabowo. [Foto: KBRI Seoul]

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan 50 Tahun Hubungan Indonesia-Korea Selatan tahun ini, tak hanya berfokus pada antar Kementerian/Lembaga (GtoG) atau pelaku usaha (BtoB), tapi juga antara Perguruan Tinggi kedua negara (UtoU).

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Binus University dengan Seoul Institute of the Arts, menjadi bukti kemitraan dan kerjasama yang lebih erat antara perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia dan Korea Selatan. Hal ini ditegaskan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto.

Dubes RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto memberikan penjelasan update hubungan diplomatik Indonesia-Korsel. [Foto: KBRI Seoul]

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bekasi 18 Januari Hadir Di Komsen Jatiasih

Lebih lanjut Dubes Gandi Sulistiyanto menyampaikan bahwa KBRI Seoul, lanjutnya, turut berperan aktif dalam memfasilitasi dari pertemuan awal sejak 2022, hingga rampungnya Nota Kesepahaman antara kedua lembaga pendidikan.

Menurut Dubes Sulis, langkah BINUS University yang terus berkomitmen membangun generasi muda Indonesia, merupakan hal yang perlu dicontoh perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Komitmen ini, terangnya, dilakukan melalui berbagai program kerja sama di bidang ekonomi kreatif dan seni, yang diadakan dengan perguruan tinggi serta industri di Korea Selatan.

Baca juga : Irma Suryani Dukung Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI

Penandatanganan MOU Binus University dengan Seoul Institute of Arts (SIA) ini merupakan kesepakatan bilateral antar Universitas Indonesia dengan Korea Selatan yang pertama pada 2023, menandai 50 Tahun Hubungan Bilateral RI-Korsel. Ekonomi kreatif, seni dan budaya merupakan salah satu fokus kerjasama Indonesia-Korsel yang ditangani KBRI Seoul.

BINUS University melakukan kunjungan ke Korea Selatan sebagai bentuk komitmen program internasionalisasi dan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan. Kunjungan dilakukan selama tiga hari, yaitu 16 hingga 18 Januari 2023.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Binus University, diwakili Direktur Kerjasama Internasional, Diah Wihardini (kanan) dengan Seoul Institute of the Arts, diwakili President Seoul Institute of Arts, Prof Tay Guhn Yoo (kiri), disaksikan Amelia Limanjaya, Sekretaris Ketiga KBRI Seoul Fungsi Ekraf Digital, Start Up dan Diplomasi Publik (tengah). [Foto: KBRI Seoul]

Baca juga : OK OCE Dukung Wirausaha Mandiri Hadirkan Lapangan Kerja

Salah satu agenda dalam kunjungan tersebut adalah Pendandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Seoul Institute of Arts yang berlokasi di Ansan-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan yang dilakukan pada Senin (16/1). Kerja sama ini merupakan bagian dari implementasi program internasionalisasi BINUS University.

President of BINUS Higher Education, Stephen Santoso mengatakan, hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan merupakan bagian penting dalam upaya pengembangan pendidikan dan internasionalisasi bagi kedua Negara. Khususnya bagi BINUS University.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.