Dark/Light Mode

KBRI Seoul Dukung Binus University Jalin Kemitraan Di Korsel

Rabu, 18 Januari 2023 15:05 WIB
Dubes RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto (kiri) dan Rektor Binus University, Prof Dr Harjanto Prabowo. [Foto: KBRI Seoul]
Dubes RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto (kiri) dan Rektor Binus University, Prof Dr Harjanto Prabowo. [Foto: KBRI Seoul]

 Sebelumnya 
Program internasionalisasi, lanjutnya, merupakan salah satu elemen penting bagi mahasiswa dalam menghadapi era industri 4.0 dan society 5.0. Karena akan membentuk pola pikir dan kepemimpinan, serta beradaptasi dalam skala global. “Ini komitmen yang BINUS University terus lakukan,” ucapnya.

Pernyataan Stephen tersebut diamini oleh BINUS Global Director, Diah Wihardini. “Kerja sama penandatanganan MOU dengan Seoul Institute of the Arts dapat memperluas kesempatan dan membangun pemahaman dalam bidang seni yang membangun inklusivitas dan konektivitas global, serta mendukung misi BINUS UNIVERSITY dalam fostering dan empowering the community,” tegasnya.

President Seoul Institute of Arts, Prof Tay Guhn Yoo (kiri) dan Direktur Kerjasama Internasional Binus University, Diah Wihardini. [Foto: KBRI Seoul]
Selain penandatanganan MOU dengan Seoul Institute of Arts, kemarin dilakukan juga Studi Banding ke Tech University of Korea (TU) dan industry visit ke beberapa perusahaan di Korea Selatan, seperti INNOBIZ Management dan Essen Tech Co., Ltd.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bekasi 18 Januari Hadir Di Komsen Jatiasih

Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship, Meyliana mengatakan, kunjungan ini bertujuan membangun jaringan yang akan bermanfaat dalam meningkatkan daya saing mahasiswa dalam bidang bisnis, riset, hingga komersialisasi teknologi yang akan memperkuat sisi employability dan entrepreneurship-nya.

Agenda kunjungan ditutup dengan pertemuan BINUS UNIVERSITY dengan KBRI untuk Korea Selatan. Pihak KBRI Seoul menegaskan, dukungan selalu diberikan dalam memfasilitasi kegiatan internasionalisasi yang dilakukan oleh BINUS UNIVERSITY.

Stephen Santoso (ke-6 kanan) dan George Santoso (ke-5 kanan) memimpin Delegasi BINUS, serta Prof Tay Guhn Yoo (ke-4 kiri) memimpin delegasi SIA, juga Amelia Limanjaya, Sekretaris Ketiga KBRI Seoul Fungsi Ekraf Digital, Start Up dan Diplomasi Publik (kanan). [Foto: KBRI Seoul]

Baca juga : Irma Suryani Dukung Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI

Untuk diketahui, selama ini, BINUS UNIVERSITY mempersiapkan beragam program dan kegiatan untuk membekali mahasiswa dengan international experience. Program yang disediakan seperti student exchange, internship abroad, joint/double degree, hingga international seminar/workshop.

Sementara Korea Selatan merupakan salah satu destinasi pilihan dalam kegiatan pertukaran mahasiswa yang telah diikuti lebih dari 1.000 partisipan sejak 2010.

Baca juga : OK OCE Dukung Wirausaha Mandiri Hadirkan Lapangan Kerja

Sedangkan Seoul Institute of The Arts, setara dengan Binus University, adalah sebuah lembaga pendidikan yang dihargai oleh masyarakat Korea Selatan. Kampusnya ini berada di Ansan, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Lembaga pendidikan ini berfokus di bidang seni dan ekonomi kreatif. Institusi yang didirikan pada 1962 ini juga memainkan peran penting dalam memajukan Hallyu (Korean Wave) melalui pendidikan bidang film, musik dan tari. Sebagian besar alumni SIA merupakan pelaku industri entertainment Korsel saat ini. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.