Dark/Light Mode

Peringati Hari Kartini

Dubes Rosan: Saatnya Indonesia Menuju Kesetaraan Dan Pemberdayaan Perempuan

Selasa, 2 Mei 2023 18:02 WIB
Peringatan Hari Kartini di KBRI Washington DC/Ist
Peringatan Hari Kartini di KBRI Washington DC/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia saat ini terus bergerak maju dalam perjalanan menuju pemberdayaan perempuan.

“Kini, saatnya kita bergerak maju bersama menuju kesetaraan dan pemberdayaan perempuan,” kata Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani dalam rangka peringatan Hari Kartini, yang diselenggarakan KBRI dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Washington DC.

Baca juga : Lestari: Anugerah Desa Wisata Indonesia Dorong Kebangkitan Pariwisata Nasional

Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima Selasa (2/5) mengungkapkan, pada peringatan Hari Kartini, dipentaskan monolog bertajuk “Panggil Aku Kartini Saja”  (Just Call Me Kartini), yang menuturkan tentang penggalan-penggalan kisah dan pemaknaan surat-surat yang ditulis Raden Ajeng (RA) Kartini, semasa hidupnya.

Monolog yang menampilkan aktris Happy Salma dan Achda Imran sebagai penulis naskah, diadaptasi dari novel berjudul “Panggil Aku Kartini Saja” karya Pramoedya Ananta Toer.  

Baca juga : Warga DKI Apresiasi Pengamanan Dan Pelayanan Polda Metro Selama Lebaran 2023

Dubes Rosan mengatakan, nilai-nilai dan warisan Kartini wajib diterjemahkan para perempuan Indonesia melalui perannya masing-masing di masyarakat.

Acara yang dibuka oleh Ketua DWP Washington DC Ibu Ayu Rosan, dihadiri mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu, yang tampil sebagai pembicara dan menyoroti relevansi nilai-nilai Kartini di dunia saat ini.

Baca juga : Prof. Tjandra Berharap Indonesia Bisa Cukupi Anggaran Malaria

Acara dihadiri sekitar 170 orang yang terdiri atas diaspora Indonesia, Komunitas Indonesia World Bank, dan Bank Indonesia serta istri para Duta Besar, diplomat dari negara anggota ASEAN dan negara-negara sahabat lainnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.