Dark/Light Mode

Alumni Beasiswa RI Ikut Salat Idul Fitri 2024 di KBRI Addis Ababa

Rabu, 10 April 2024 21:00 WIB
Perayaan Idul Fitri di KBRI Addis Ababa (Foto: Dok. KBRI Addis Ababa)
Perayaan Idul Fitri di KBRI Addis Ababa (Foto: Dok. KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Adibe Abdella, pemuda Ethiopia yang juga alumni Beasiswa Darmasiswa RI tahun 2018, mengikuti Salat Idul Fitri di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa, Rabu (10/4).

Adibe adalah pengusaha muda terkemuka yang memiliki banyak usaha, di antaranya hotel di Addis Ababa. Ia hadir di KBRI Addis Ababa bersama istrinya yang warga negara Indonesia, Sinta Simawang, dua orang anak dan ibunya yang juga orang Ethiopia.

Tahun 2018, Adibe dan Sinta bertemu pertama kali di kampus tempat Adibe kuliah di Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Jaya. Pertemuan rutin Adibe dan Sinta di kampus melahirkan benih cinta untuk kemudian mereka hidup dalam mahligai keluarga. Mereka menikah pada 2019 dan langsung pindah ke Addis Ababa, Ethiopia.

Baca juga : Di Bawah Guyuran Hujan, WNI Antusias Ikut Salat Idul Fitri Di KBRI Beijing

Saat ini Adibe dan Sinta dikaruniai dua orang anak, Alleah Adibe Abdella (4 tahun) dan Ali Adibe Abdella (2,5 tahun). Keduanya lahir di Amerika Serikat, karena orang tua Adibe bermukim di negara tersebut.

Adibe dan Sinta mengatakan sangat rindu Indonesia, terutama pada saat Lebaran ini. “Walaupun sangat jauh dari keluarga di Indonesia, bagi saya hiburan yang sangat menyenangkan adalah berkunjung ke KBRI Addis Ababa dan mengikuti berbagai acara, termasuk kegiatan Salat Idul Fitri,” kata Sinta, seperti keterangan KBRI Addis Ababa.

Adibe yang juga sangat mencintai Indonesia. Kepada Duta Besar RI di Addis Ababa, Al Busyra Basnur, dia mengatakan berkeinginan untuk mengembangkan usahanya di Indonesia dengan membangun hotel dan berbagai bisnis lain.

Baca juga : 2 Ribu Masyarakat RI Rayakan Idul Fitri Di KBRI Bangkok

Masyarakat Indonesia di Addis Ababa dan sekitarnya menyelenggarakan Salat Idul Fitri 2024 di KBRI Addis Ababa dipimpin imam dan khatib Uztaz Syarif Husain. Jumlah masyarakat Indonesia di Ethiopia saat ini sekitar 100 orang.

Duta Besar Al Busyra Basnur mengatakan, selain di Addis Ababa, masyarakat Indonesia juga bermukim dan bekerja di kota Hawassa, sekitar 270 km selatan Addis Ababa. Mereka adalah manager dan karyawan perusahaan garmen Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia. Mayarakat Indonesia tersebut juga menunaikan ibadah Idul Fitri bersama masyarakat muslim di kota tersebut.

Ethiopia adalah negara berpenduduk 123 juta jiwa, nomor dua terbesar di Benua Afrika. Kristen Ortodok adalah agama terbesar, sementara Islam adalah agama terbesar kedua.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.