Dark/Light Mode

Di Pattani, JK Kunjungi Kampus Yang Punya Badan Wakaf, Mall Hingga Rumah Sakit

Minggu, 19 Mei 2024 07:21 WIB
Wakil presiden (Wapres) ke-10 dan 12 Jususf Kalla saat mengunjungi Universitas Fatoni, Pattani, Thailand, Sabtu (18/5). Foto: Ist
Wakil presiden (Wapres) ke-10 dan 12 Jususf Kalla saat mengunjungi Universitas Fatoni, Pattani, Thailand, Sabtu (18/5). Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), baru saja menyelesaikan kunjungan dua hari ke Pattani, Thailand, sejak 18-19 Mei 2024.

Diantara kunjungannya, JK menyempatkan diri untuk berdialog dengan jajaran civitas akademika Universitas Fatoni, sebuah perguruan tinggi Islam ternama di wilayah tersebut.

Pertemuan JK dengan Rektor Universitas Fatoni, Prof Ismail Lutfie Japaklah, menjadi momen penting untuk membahas peran strategis universitas dan masjid dalam memajukan pendidikan Islam dan meningkatkan kualitas hidup umat Islam di Asia Tenggara.

Baca juga : Tetaplah Berhati-hati dan Bijaksana Mengelola Pertumbuhan Ekonomi

Di hadapan para sivitas akademika Universitas Fatoni, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini juga menyampaikan visinya tentang pentingnya menjadikan negara-negara Asia Tenggara sebagai pusat pendidikan tinggi Islam. 

Menurutnya, hal ini akan memberikan alternatif bagi para pelajar Islam dari seluruh dunia yang ingin mempelajari Islam Wasatiyah, yaitu Islam yang moderat, toleran, dan rahmatan lil alamin.

"Di situlah peran universitas mengembangkan Iptek selain mesjid sebagai pusat pusat pengembangan peradaban," ujar JK, dalam keterangan resminya Minggu (19/5).

Baca juga : Pastikan Warga Punya Makanan, Tri Ardhianto Keliling Kampung Saat Takbiran

Lebih lanjut, JK menekankan pentingnya peran universitas dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta memperkuat nilai-nilai keislaman. Ia juga memandang masjid sebagai pusat pengembangan peradaban dan budaya Islam yang tak kalah penting.

Pada kesempatan yang sama Rektor Fatoni University, Prof Ismail Lutfie Japaklah menjelaskan perkembangan Universitasnya yang tidak hanya mengembangkan perguruan tinggi. 

Melalui badan waqaf yang mereka bentuk, kampusnya merintis usaha properti, pembangunan mall dan rumah sakit yang sebagian sudah berjalan dan tahap konstruksi. 

Baca juga : Libur Lebaran, The Jungle Siapkan Banyak Hadiah dan Berikan Keseruan

"Jika semua perencanaan mereka rampung, maka akan menjadi salah satu penggerak roda ekonomi dan pendidikan terbesar di Pattani Thailand," ujarnya.

Turut mendampingi JK dalam kunjungan itu antara lain Hamid Awaludin, Sudirman Said dan Husain Abdullah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.