Dark/Light Mode

Dubes Kamapradipta Isnomo, Napak Tilas Sejarah Indonesia Di Gothenburg

Kamis, 23 September 2021 07:59 WIB
Dubes Kamapradipta Isnomo (kiri) memberi cinderamata kepada Wali Kota Anneli Rhedin, Senin (20/9). (Foto: KBRI Stockholm)
Dubes Kamapradipta Isnomo (kiri) memberi cinderamata kepada Wali Kota Anneli Rhedin, Senin (20/9). (Foto: KBRI Stockholm)

 Sebelumnya 
Sebagai negara mitra penting Indonesia di kawasan Nordik, kedua negara masih banyak peluang untuk lebih meningkatkan nilai, volume perdagangan dan investasi.

"Dengan diberlakukannya Undang-Undang Cipta Kerja dan lingkungan bisnis yang semakin kondusif, Indonesia membuka lebar kesempatan bagi perusahaan-perusahaan Swedia untuk mendirikan pusat produksi dan distribusinya di Indonesia, guna menjangkau pasar domestik, ASEAN, dan Pasifik,” ujar Kamapradipta.

Baca juga : Dubes Kamapradipta Ajak Walkot Gothenburg Tingkatkan Kerja Sama RI-Swedia

Dia juga bertemu CEO Business Region Gothenburg, Patrik Andersson beserta jajarannya. Pertemuan itu untuk menjajaki peluang kerja sama pengembangan kota hijau. Menyusul telah diluncurkannya proyek Green City Zone.

Proyek tersebut mencakup tiga wilayah, yaitu Lindholmen, pusat Kota Gothenburg dan Forsåker, untuk menjadi lokasi uji coba desain tata kota, infrastuktur, dan teknologi transportasi bebas emisi.

Baca juga : Dubes Wajid Fauzi, Gembira Buka Kursus Bahasa Indonesia Buat Warga Suriah

”Kota Gothenburg telah mengalami transformasi yang cukup pesat dalam beberapa dekade terakhir dan menjadi kota terdepan di bidang inovasi dan pengembangan teknologi hijau di Swedia, dan bahkan Eropa,” ujar Andersson.

Gothenburg Green City Zone merupakan proyek bersama antara Pemerintah Kota Gothenburg dan sektor bisnis serta akademisi. Antara lain, Business Region Gothenburg, Research Institutes of Sweden (RI.SE), Volvo Group, Chalmers University, Gothenburg University, Gothenburg Energi dan Gothenburg & Co.

Baca juga : Dubes Rachmat Ajak Pengusaha Thailand Tingkatkan Investasi Di Indonesia

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan pemangku kepentingan bisnis di Gothenburg, KBRI Stockholm akan menjajaki kerja sama sister-city dengan kota di Indonesia, yang turut memiliki komitmen dan rencana pengembangan kota hijau. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.