Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Al Busyra Basnur Lirik Kerja Sama Dengan Universitas Jimma, Ethiopia

Kamis, 21 Oktober 2021 07:59 WIB
Dubes RI untuk Ethiopia, Al Busyra Basnur (kedua kiri) berkeliling Universitas Jimma, Ethiopia. (Foto KBRI Addis Ababa)
Dubes RI untuk Ethiopia, Al Busyra Basnur (kedua kiri) berkeliling Universitas Jimma, Ethiopia. (Foto KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur berkunjung ke Universitas Jimma, di Ethiopia, dan mengadakan pertemuan dengan Rektor universitas tersebut, Dr. Jemal Abafita, Minggu (18/10).

Dalam pertemuan itu, Dubes Al Busyra mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan peluang kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia. 

Berita Terkait : Dubes Al Busyra Paparkan Potensi Pariwisata Indonesia Di Ethiopia

"Universitas Jimma tertarik menjalin kerja sama seperti pertukaran mahasiswa dan dosen serta penelitian," kata Dubes Al Busyra dalam keterangan resminya, kepada RM.ID, Kamis (21/10).

Menurut Kementerian Pendidikan Ethiopia, kampus yang berada sekitar 350 kilometer dari Kota Addis Ababa itu adalah perguruan tinggi terdepan dan menduduki rangking pertama di Ethiopia secara berturut-turut pada 2019 hingga 2012.

Berita Terkait : Pengusaha Ethiopia Bakal Ikuti TEI DE 2021

Selain terdepan, kampus dengan mahasiswa sekitar 45.000 itu, juga memiliki rumah sakit moderen. Tak heran, kemudian,  beberapa perguruan tinggi di Eropa dan Asia mengadakan kerja sama dengan  Universitas Jimma. 

“Semoga dalam waktu dekat akan ada kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia,” sambung Dubes Al Busyra Basnur. 

Berita Terkait : Kunker Perdana Ke Jabar, Dubes Australia Penny Williams Bahas Kerja Sama Dengan Gubernur Dan Pebisnis

Universitas Jimma terletak di kota Jimma negara bagian Oromia, Ethiopia, kawasan Afrika Timur. Cikal bakal perguruan tinggi ini adalah Sekolah Pertanian yang didirikan pada 1952, dan mengalami perkembangan pesat sampai sekarang. [MEL]