Dewan Pers

Dark/Light Mode

Islam dan Kesehatan Masyarakat (7):

Memanfaatkan Logal Genus

Kamis, 9 Desember 2021 06:37 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap manusia berpotensi memiliki inner power-nya. Bahkan menurut Al-Gazali di dalam Ihya Ulumud Din, setiap manusia berpotensi menjadi nabi, hanya wahyu yang melantik seseorang menjadi Nabi dibatasi oleh Allah SWT.

Manusia juga memiliki kemampuan supernatural. Pemilik jiwa yang bersih, menurut Al-Gazali dan Ibn Arabi, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan penghuni ‘Alam Mitsal/’Alam Hayal, suatu wilayah hunian makhluk spiritual.

Berita Terkait : Urgensi Kesehatan Lingkungan (2)

Orang-orang yang mampu mengakses “alam” ini berpeluang untuk menembus kegaiban alam gaib. Boleh jadi yang bersangkutan wilayah alam gaibnya sudah menipis dan transparan, karena memang setiap orang tidak sama alam gaibnya, sementara orang lain masih gaib. Kalau saja setiap orang mempu membersihkan dirinya sebersih mungkin lahir batin, maka yang bersangkutan diberi kemampuan untuk mengakses alam gaib.

Hadis Rasulullah yang dikutip dalam Ihya ‘Ulumud Din oleh Al-Gazali mengatakan bahwa: “Kalau seandainya bukan karena setan memagari jiwa anak cucu Adam, maka mereka bisa melihat alam malakut (gaib).

Berita Terkait : Urgensi Kesehatan Lingkungan (1)

Ada telinga yang mampu mendengarkan jeritan kesakitan orang yang disiksa di alam kubur, seperti pengalaman Rasulullah bersama Abu Bakar di atas makam.(*)