Dewan Pers

Dark/Light Mode

Islam Dan Kesehatan Masyarakat (7):

Memanfaatkan Logal Genus (2)

Jumat, 10 Desember 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada mata yang mampu melihat peristiwa-peristiwa yang belum terjadi, seperti pengalaman Khidlir bersama Nabi Musa dalam Q.S. Al-Kahfi/18, dan banyak lagi pengalaman mistik para Wali Allah sebagaimana dapat di lihat dalam kitab Jami’ Karamat al-Auliya’ (Kumpulan Kekeramatan Para Wali), dua jilid, karya Yusuf al-Nabhani., lintas agama dan budaya.

Berita Terkait : Memanfaatkan Logal Genus

Kemampuan supernatural (local genus) menjadi fenomena universal. Di setiap tempat kita bisa menjumpai orang-orang “pandai”, karena memang ilmu-ilmu kauniyah Tuhan universal. Aksessibilitasnya juga tidak mensyaratkan symbol-simbol formal. Jika seseorang mampu memiliki jiwa yang prima, bersih dan tangguh (istiqamah), maka keajaiban bisa saja terjadi pada diri orang itu.

Berita Terkait : Urgensi Kesehatan Lingkungan (2)

Upaya untuk sampai kepada tempat (maqam) ini memang membutuhkan latihan-latihan spiritual secara telaten. Tehnik dan latihan itu bisa saja berbeda antara satu sama lain. Adakalanya seseorang menempuh latihan dengan cara memanfaatkan kekuatan-kekuatan mistik-spiritual. Jika cara-cara yang dilalui menafikan prinsip-prinsp luhur kemausiaan, apa lagi tujuannya untuk memenuhi hasrat keinginan biologisnya, maka cara itu bisa disebut black magic. Sebaliknya jika yang bersangkutan menempuh cara-cara luhur, tidak menyimpang dari prinsip nilai luhur kemanusiaan, maka cara itu disebut white magic. Black magic dan white magic berpotensi digunakan untuk tujuan-tujuan subyektif dan tidak terpuji.
 Selanjutnya