Dark/Light Mode

Cek! Tanggal 6 Desember 2023 Memperingati Hari Apa Saja?

Rabu, 6 Desember 2023 08:57 WIB
Ilustrasi bulan Desember. (Foto:Pixabay/lenahelfinger)
Ilustrasi bulan Desember. (Foto:Pixabay/lenahelfinger)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada tanggal 6 Desember setiap tahunnya, dunia memperingati beberapa peristiwa bersejarah dan perayaan dengan makna dan tujuan tersendiri. 

Mulai dari hari yang mengingatkan kita akan pentingnya melawan kekerasan terhadap perempuan, hingga perayaan Saint Nicholas yang meriah.

Tidak ketinggalan Hari Tembakan Trik Sedunia yang menampilkan keterampilan dan kreativitas luar biasa dalam basket. 

Berikut adalah 3 hari penting yang diperingati setiap tanggal 6 Desember 2023:

1. Hari Peringatan Kekerasan Terhadap Perempuan

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota Rabu 6 Desember, Cek Di Sini Lokasinya

Hari yang menjadi alarm akan kekerasan terhadap perempuan ini ditetapkan oleh Parlemen Kanada pada 1991.

Tanggal 6 Desember dipilih untuk memperingati pembantaian di Polytechnique Montréal pada tahun 1989. 

Sebanyak 14 wanita tewas dalam penembakan massal yang mengguncang dunia dan menginspirasi perlawanan terhadap perilaku kekerasan. 

Data PBB menunjukkan bahwa kekerasan terhadap perempuan masih menjadi isu global, dengan 35 persen perempuan menjadi korban berbagai bentuk kekerasan.

2. Hari Saint Nicholas

Baca juga : SIM Keliling Bogor Rabu 6 Desember, Hadir Di Mall BTW

Tanggal 6 Desember juga dirayakan sebagai Hari Saint Nicholas di beberapa negara. 

Inspirasi dari tokoh Saint Nicholas atau sinterklaas, peringatan ini berbeda dengan Natal. Saint Nicholas, seorang tokoh dermawan abad ketiga, menjadi sumber inspirasi bagi tradisi memberi hadiah pada anak-anak.

Tradisi ini berkembang menjadi perayaan yang melibatkan saling memberi dan berbuat baik kepada sesama, menciptakan suasana gembira dan suka cita.

3. Hari Tembakan Trik Sedunia

Tanggal 6 Desember juga menjadi Hari Tembakan Trik Sedunia. Diciptakan oleh tim basket Harlem Globetrotters, hari ini menampilkan pukulan sulit dan kreativitas tinggi yang sulit dicapai oleh kebanyakan orang. 

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Rabu 6 Desember, Cek Disini Lokasinya

Trick shot tidak hanya memukau penonton, tetapi juga menjadi simbol keterampilan tinggi dalam dunia olahraga basket.

Hari Ini Dalam Sejarah

Selain perayaan dan peringatan, 6 Desember memiliki beberapa catatan sejarah yang penting. Pada tahun 1977, Afrika Selatan memberikan kemerdekaan kepada Bophuthatswana.

Sementara pada tahun 1967, terjadi transplantasi jantung pediatrik pertama di dunia. Di sisi lain, tahun 1922 menyaksikan pembentukan Negara Irlandia, sedangkan pada 1917, Deklarasi Kemerdekaan Finlandia mengakhiri era 109 tahun di bawah kekuasaan Kekaisaran Rusia. 

Tanggal ini juga menjadi momen penting di Amerika Serikat dengan pengesahan Amendemen Ketiga Belas Konstitusi pada tahun 1865, yang menghapuskan perbudakan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.