Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Tanggal 4 Desember Hari Apa? Ini Perayaan Dan Sejarah Penting Untuk Kamu Ketahui

Senin, 4 Desember 2023 09:09 WIB
Ilustrasi perayaan penting di tanggal 4 Desember. (Foto: pikisuperstar)
Ilustrasi perayaan penting di tanggal 4 Desember. (Foto: pikisuperstar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanggal 4 Desember dipenuhi dengan sejumlah perayaan penting, sebagai refleksi keberagaman peringatan nasional dan internasional. Simak ulasan lengkap di bawah ini, jika ingin mengetahui 4 Desember diperingati sebagai hari apa saja?

Pada hari ini, dunia merayakan momen-momen beragam, mulai dari sejarah militer, kepedulian terhadap satwa liar, hingga sentuhan budaya dan kearifan lokal yang tidak boleh terlupakan.

Hari Artileri Nasional:

Hari ini menjadi momen yang bersejarah dengan peringatan ke-78 tahun Hari Artileri Nasional. 

Diresmikannya Markas Artileri Indonesia pada 4 Desember 1945 menandai langkah awal menuju kemandirian pertahanan negara. 

Seiring berjalannya waktu, peringatan ini berkembang menjadi Hari Korps TNI AD, tetapi jejak sejarah Hari Artileri tetap menjadi pijakan penting dalam sejarah militer Indonesia.

Hari Noken Sedunia:

Baca juga : Tangis Haru Warnai Kunjungan Pj Gubernur Safrizal Jenguk Korban KDRT Nurlaela

4 Desember juga merupakan hari untuk menghargai kekayaan budaya dengan peringatan Hari Noken Sedunia. 

Pengakuan terhadap noken Papua sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2012 menunjukkan pentingnya melestarikan tradisi lokal. 

Tas serbaguna ini, yang terbuat dari bahan alam oleh wanita Papua, bukan hanya sebuah barang, melainkan juga simbol keberlanjutan budaya yang patut kita jaga.

Hari Cheetah Internasional:

Hari ini, kita menyoroti kepunahan yang mengancam cheetah, hewan tercepat dengan motif bulu yang memukau. 

Hari Cheetah Internasional, yang berawal dari eksperimen sukses Ahli Zoologi Amerika pada tahun 1977, membangunkan kesadaran akan perlunya perlindungan terhadap spesies ini. 

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Sabtu 2 Desember Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Ancaman dari pemilik ternak di Namibia menjadi cermin bagaimana manusia dapat menjadi penyelamat atau ancaman bagi keberlanjutan lingkungan.

Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia:

Momen ini mengajak kita merenung tentang tantangan yang dihadapi oleh satwa liar di Bumi. Campur tangan manusia dalam ekosistem alam menjadi ancaman serius. 

Hari ini, kita tidak hanya berbicara tentang pelestarian, tetapi juga beraksi dengan menyebarkan kesadaran dan memberikan dukungan finansial seperti donasi untuk melindungi keanekaragaman hayati.

Hari Bank Internasional:

Tanggal 4 Desember juga menjadi panggung bagi Hari Bank Internasional yang diadopsi oleh PBB. 

Melampaui batas-batas negara, perayaan ini menyoroti peran vital bank dalam keamanan keuangan global. 

Baca juga : Gelar Rembug Nasional, Ini Usulan BEM Nusantara Untuk Negeri

Pengakuan ini menjadi pijakan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, menciptakan jaringan keuangan yang kuat untuk masa depan yang lebih stabil.

Sejarah Penting Di 4 Desember:

Selain momen-momen perayaan, 4 Desember juga menyimpan rentetan sejarah penting. Dari penutupan operasi Pan Am pada tahun 1991 hingga mengadopsi konstitusi Tiongkok pada tahun 1982.

Lalu di tanggal yang sama pada tahun 1791, surat kabar pertama yang diterbitkan pada hari Minggu, The Observer, diterbitkan di Britania.

Pada tahun 1980, Led Zeppelin bubar. Sementara tahun 1978, Dianne Feinstein menjadi wali kota perempuan pertama San Francisco.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.