Dark/Light Mode

Bima Arya, Walikota Bogor

1.800 Rumah Rusak Berat, Butuh Dana Renovasi Rp 15 Miliar

Rabu, 12 Desember 2018 09:54 WIB
Walikota Bogor, Bima Arya. (Foto: IG @bimaaryasugiarto)
Walikota Bogor, Bima Arya. (Foto: IG @bimaaryasugiarto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 1.800 rumah dan bangunan rusak akibat angin puting beliung melanda beberapa wilayah Kota Bogor. Rehabilitasi pun mendesak untuk dilakukan, mengingat banyaknya bangunan yang terdampak. Walikota Bogor Bima Arya berharap, Pemprov Jawa Barat membantu Pemkot Bogor dalam proses rehabilitasi rumah rusak akibat angin puting beliung. Bima mengatakan, telah mengajukan dana sekitar Rp 15 miliar untuk perbaikan rumah warga. Hingga saat ini, kata Bima, Pemkot Bogor mencatat ada 1821 rumah warga yang rusak. 40 persen diantaranya mengalami rusak berat, sehingga membutuhkan dana yang lebih besar lagi.

Baca juga : Alhamdulilah, Korban Tanah Bergerak Sumedang Dikasih Bantuan Rp 1,6 Miliar

“Kami sampaikan itu kepada Pak Gubernur, dan Pak Gubernur berjanji akan merespon situ. Ajukannya Rp 15 miliar,” tutur Bima. Jika disetujui, Bima akan membagi dana bantuan perbaikan dalam tiga kategori. Jumlahnya bervariasi antara rumah warga yang rusak ringan, sedang, dan berat. “Kita hitung rusak berat itu Rp 11 juta, sedang Rp 7 juta, ringan Rp 5 juta. Hari Sabtu Pak Gubernur akan ke Bogor meninjau lokasi,” katanya.

Baca juga : Jalur Bukittinggi-Padang Putus, Truk Diminta Lewat Jalur Solok

Selain ke Pemprov Jabar, Bima juga sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat. Bahkan, Presiden Joko Widodo turut memberikan bantuan pribadi. “Kita terima bantuan pribadi dari Presiden Rp 30 juta, spontan ya, tapi saya kira akan ditindaklanjuti dengan bantuan pemerintah secara resmi,” jelasnya.  [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.