Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Emak-Emak Jogja Dukung Ganjar Capres 2024

Minggu, 19 Juni 2022 13:04 WIB
Terdapat 800 emak-emak dari 4 kabupaten dan 1 kota di wilayah Provinsi DIY turut meramaikan deklarasi Ganjar Pranowo menjadi Capres 2024. (Foto: Istimewa)
Terdapat 800 emak-emak dari 4 kabupaten dan 1 kota di wilayah Provinsi DIY turut meramaikan deklarasi Ganjar Pranowo menjadi Capres 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari ratusan emak-emak mengatasnamakan Mak Ganjar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk maju di Pilpres 2024. Acara tersebut digelar di Lapangan Janti, Caturtunggal, Depok, Kota Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Terdapat 800 emak-emak dari 4 kabupaten dan 1 kota di wilayah Provinsi DIY turut meramaikan deklarasi kali ini. Selain itu, adapula senam bersama serta penampilan Angklung Dolanan Pring yang dimainkan oleh anak-anak asli Puduguhan Janti.

"Emak-emak ini ada yang dari Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta. Alhamdulillah mereka memang sangat mencintai Pak Ganjar, jadi tanpa embel-embel apapun mereka sudah guyub untuk datang," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY, Rindi Astika Yulianti di lokasi, Sabtu (18/6).

Baca juga : Emak-emak Deli Serdang Deklarasikan Dukungan Buat Ganjar Pranowo

Bagi emak-emak, lanjut Rindi, Mantan Anggota DPR RI itu dinilai sebagai pemimpin yang begitu memerhatikan kebutuhan serta mendongkrak taraf perekonomian emak-emak melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Pak Ganjar banyak sekali mencetuskan program-program yang berpihak pada emak-emak. Seperti 'Lapak Ganjar' untuk mempromosikan UMKM khususnya di Provinsi Jateng sendiri dan itu melibatkan UMKM kaum emak-emak. Ada 'Kredit Lapak', dan 'Kredit Murah' juga itu dikhususkan untuk emak-emak," terang Rindi.

Rindi menyebut, pengalaman Ganjar selama menempuh pendidikan di Yogyakarta menciptakan ikatan emosional dengan warga setempat. Hal inilah yang membuat Mak Ganjar akan terus mengawal Ganjar Pranowo agar bisa melanjutkan estafet Jokowi selaku Presiden di 2024-2029.

Baca juga : Pelajar dan Mahasiswa NTT Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

"Pak Ganjar itu sendiri punya ikatan emosional dengan Jogja, beliau dulu sekolah di Jogja, kuliah di Jogja termasuk besar di Jogja seperti itu jadi punya ikatan emosional juga dengan masyarakat Jogja khususnya emak-emak Jogja. Kita berharap Pak Ganjar ini sukses menjadi Presiden demi Indonesia sejahtera," tutup Rindi.

Di lokasi yang sama, salah satu emak-emak, Yuliana (65) mengapresiasi gerakan Mak Ganjar DIY untuk merangkul kalangan emak-emak dalam mendukung Ganjar. Menurut Yuli, sosok pemimpin gang merakyat seperti Ganjar sangat jarang ditemui.

"Pejabat yang dulu-dulu jarang  bermasyarakat, bantu orang-orang seperti saya masyarakat tidak mampu, dan mau belajar 'Sinau Urip'. Kepingin sekali bertemu Pak Ganjar, karena beliau itu jujur gitu loh, tulus, mungkin karena kehidupannya dulu dia bisa menjadi contoh bagi kami," tutup Yuliana.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.