Dark/Light Mode

Puncak Pasang Laut

Waspada, Banjir Rob Ancam Pesisir Jakarta

Rabu, 13 Juli 2022 19:34 WIB
Ilustasi banjir rob di pesisir Jakarta. (Foto: Istimewa)
Ilustasi banjir rob di pesisir Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga di wilayah pesisir Jakarta agar mewaspadai banjir rob hingga 17 Juli 2022 mendatang.

Wilayah pesisir DKI Jakarta yang patut mewaspadai fenomena alam ini meliputi Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa Marunda dan Kepulauan Seribu.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, berdasarkan Siaran Pers BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) pada 8-17 Juli 2022, saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi), sehingga berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan Di Wilayah Jakarta

“Maka warga diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir atau rob,” ujar Isnawa, Rabu (13/7).

Isnawa juga meminta warga di pesisir Jakarta terus memantau informasi terkini gelombang air laut melalui laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, warga diimbau segera menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

“Masyarakat diminta selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut. Kita juga meminta masyarakat memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG,” tandasnya.

Baca juga : Penghapusan Bea Masuk Bahan Baku Plastik Ancam Industri Petrokimia

Informasi cuaca maritim dari BMKG dapat diakses melalui:

-Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 081316760711.

-Facebook: Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok.

Baca juga : Samurai Biru Siap Bersinar

-Instagram: @bmkgpriok @infobmkg @bmkgmaritim.

-Twitter: @bmkgpriok @infobmkg.

-Website: maritim.bmkg.go.id.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.