Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Pelestarian Alat Musik

Sandiaga Berikan Ukulele Untuk Pegiat Musik di Ambon 

Selasa, 13 September 2022 08:56 WIB
Menparekraf Sandiaga saat Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, Ambon City Center (ACC), Kota Ambon, Senin (12/9). (Foto: Istimewa)
Menparekraf Sandiaga saat Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, Ambon City Center (ACC), Kota Ambon, Senin (12/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memberikan alat musik ukulele untuk pegiat musik Gaspar Nikolaas Tulalessy (44), di Kota Ambon, Maluku. Pemberian itu dimaksud untuk melestarikan alat musik ukulele melalui anak-anak di Maluku.

Pada kesempatan itu, Gaspar Nikollas biasa disapa Niko mengatakan, keinginannya melestarikan ukulele agar alat musik tersebut tidak punah. Hal lain, Niko sempat melihat ukulele hanya menjadi alat musik pelengkap.

"Kita pikir ini saatnya kita kembalikan yang hampir punah menjadi sesuatu yang istimewa di Ambon The City of Music," kata Niko kepada Sandiaga saat Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, Ambon City Center (ACC), Kota Ambon, Senin (12/9).

Baca juga : Sandiaga Uno Wujudkan Harapan Pegiat UMKM Asal Papua Di Ambon

Kini, diakui Niko tengah mengajarkan alat musik ukulele kepada 125 anak-anak di Kota Ambon yang tergabung dalam Ambonia Ukulele Kids Community (UAKC). 

"Kendala kita ketersediaan alat musik ukulelenya. Karena ukulele yang bagus itu harganya sekitar Rp 400 ribu paling rendah dan paling tinggi Rp 1 juta," lanjut Niko.

Setelah mendengar itu, Sandiaga segera memberikan sebuah solusi. Sandiaga memberikan ukulele untuk Niko agar bisa mengajarkan lebih banyak anak-anak bermain alat musik tersebut.

Baca juga : Sandiaga Ajarkan Olah Produk Unggulan Jadi Cuan 

"Gak pakai ribet, gak pakai ruwet, gak pakai mumet kita hadirkan solusi yaitu ukulele. Agar lebih banyak anak-anak didik yang bisa dilatih oleh Bung Niko dan bisa mahir ukulele sebagai seni tradisional Maluku," kata Sandiaga

Pemberian itu, lanjut Sandiaga, diharapkan bisa mengembalikan Kota Ambon sebagai magnet musik Indonesia.

"Jangan dilihat dari jumlahnya tapi dilihat dari bentuk perhatiannya. Mudah-mudahan bisa membantu Bung Niko," pungkas Sandiaga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.