Dewan Pers

Dark/Light Mode

Survei Indomatrik: Warga Jakarta Dukung Penjabat Gubernur Pilihan Presiden Jokowi

Rabu, 5 Oktober 2022 19:47 WIB
Konferensi pers Lembaga Survei Indomatrik tentang hasil survei terbarunya terkait Persepsi & Perilaku Publik Terhadap Tingkat Harapan dan Kesukaan Pada Calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta 2022-2024 pengganti Anies Baswedan, yang jabatannya akan habis pada 16 Oktobe, di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10). (Foto: Dede/RM)
Konferensi pers Lembaga Survei Indomatrik tentang hasil survei terbarunya terkait Persepsi & Perilaku Publik Terhadap Tingkat Harapan dan Kesukaan Pada Calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta 2022-2024 pengganti Anies Baswedan, yang jabatannya akan habis pada 16 Oktobe, di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10). (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indomatrik merilis hasil survei terbarunya terkait Persepsi & Perilaku Publik Terhadap Tingkat Harapan dan Kesukaan Pada Calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta 2022-2024 pengganti Anies Baswedan, yang jabatannya akan habis pada 16 Oktober.

Hasil jajak pendapat menunjukan bahwa warga Jakarta tidak ada masalah dengan ketiga figur calon Pj Gubernur DKI yang sudah dikirim DPRD DKI ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Meskipun berdasarkan peraturan para Pj diangkat oleh Presiden RI, survei ini merekam gambaran kesukaan masyarakat, hasilnya tiga sosok nama calon berpeluang sama besar," kata Direktur Eksekutif Survei Indomatrik, Husin Yazid dalam jumpa pers, di Menteng, Jakarta, Rabu (5/10).

Berita Terkait : PSI Yakin Presiden Jokowi Pilih Yang Terbaik

Ini menunjukkan bahwa ketiga nama Pj Gubernur DKI pilihan DPRD DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Marullah Matali dan Bahtiar sesuai dengan keinginan masyarakat Jakarta.

“Publik Jakarta menilai ketiga sosok tersebut merupakan, sosok berpengalaman dan punya kompetensi dalam memimpin," ungkapnya.

Dijelaskan Husin, dari ketiga kandidat Pj Gubernur ini, Heru Budi Hartono meraih score sebesar 35,5 persen unggul tipis dari Marullah Matali 33,2 persen dan Bahtiar yang meraih dukungan 31,3 persen.

Berita Terkait : Keren, Hafiz Indonesia Juara 1 MTQ Internasional Maroko

"Potret gambaran di atas hanya merupakan sebuah ilustrasi yang dapat kami rekam, ini merupakan gambaran umum saja," terang Husin.

Dia lantas menegaskan, bahwa dalam survei ini juga diketahui bahwa warga Jakarta mengharapkan Pj Gubernur DKI mendatang dapat melanjutkan kebijakan yang pro rakyat dari Gubernur/Wagub terdahulu serta memberi perhatian khusus terhadap kondisi ekonomi masyarakat yang sedang terpuruk alias susah.

"Harapan warga juga ingin pemimpin DKI baru nanti mampu menciptakan harga bahan pokok yang murah, stabil dan mudah didapat," pungkas Husin.

Berita Terkait : Survei CSIS: Mayoritas Gen Z dan Milenial Pilih Ganjar Presiden 2024, Anies dan Prabowo Kalah Telak

Diketahui, Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, yaitu mereka yang telah berusia 16 tahun ke atas atau atau sedang duduk di kelas satu SLTA ketika survey dilakukan, diambil secara proporsional pada tingkat Kecamatan dan random di tingkat Kelurahan, RW/RT.

Responden yang terdistribusi secara acak tersebar di 44 kecamatan 88 kelurahan dengan mengambil sampel sebanyak 440. Survei digelar pada 21 - 24 September 2022. Margin of error sekitar 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.