Dark/Light Mode

Didukung Masjid Agung Sunda Kelapa

Komunitas Jurnalis Berhijab Kaji Posisi Perempuan Dalam Islam

Senin, 14 Agustus 2023 15:44 WIB
Komunitas Jurnalis Berhijab KJB melanjutkan upaya pemberdayaan perempuan. Didukung Masjid Agung Sunda Kelapa MASK, komunitas jurnalis perempuan yang eksis sejak tahun 2012 ini melaksanakan Ngaji Bareng dan Silaturahmi KJB, Minggu (13/08) di Ruang Motik-Zainab MASK. (Foto: Ist) 
Komunitas Jurnalis Berhijab KJB melanjutkan upaya pemberdayaan perempuan. Didukung Masjid Agung Sunda Kelapa MASK, komunitas jurnalis perempuan yang eksis sejak tahun 2012 ini melaksanakan Ngaji Bareng dan Silaturahmi KJB, Minggu (13/08) di Ruang Motik-Zainab MASK. (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) melanjutkan upaya pemberdayaan perempuan. Didukung Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), komunitas jurnalis perempuan yang eksis sejak tahun 2012 ini melaksanakan Ngaji Bareng dan Silaturahmi KJB, Minggu (13/08) di Ruang Motik-Zainab MASK. 

Diskusi dan silaturahmi kali ini membahas kumpulan tulisan yang telah menjadi kitab, yang disusun salah satu cendekiawan dan ulama besar Al-Azhar, Syeikh As-Sya’rawi. Hadir sebagai pembedah kitab ini, alumni Al-Azhar Mesir, Robiatul Adawiyah. 

Baca juga : Didukung 20 Provinsi, Syafruddin Kembali Jabat Ketua Dewan Pembina DMDI Indonesia

Dari sekian topik pada kitab As-Sya’rawi, kegiatan ini mengulas posisi perempuan dalam Islam. Dari kitab tersebut, As-Sya’rawi menarik sejarah peradaban dan posisi perempuan di berbagai belahan benua, yang dulunya tidak berdaya, dan harus diwakilkan oleh wali maupun suami pada tiap keputusan hukum maupun kehidupan sehari-hari. Kemudian, muncullah peradaban Islam, yang menurut penelahaan As-Sya’rawi, menjadi yang pertama yang memberikan kemerdekaan dan mengangkat derajat perempuan.

Presiden KJB, Okky Irmanita menyampaikan, kajian dan diskusi seperti ini sejalan dengan cita-cita dibentuknya KJB, yakni menjadi forum yang berperan sebagai support system jurnalis perempuan. Dengan memahami diskursus tentang peran perempuan yang kali ini dibawakan dari perspektif agama Islam. 

Baca juga : GWIM Dukung Peningkatan Kemajuan Ekonomi Bagi Perempuan

"Kami berharap mampu meningkatkan kepercayaan diri, dan peningkatan kapasitas sahabat-sahabat perempuan.”

Ke depan, KJB kembali akan melaksanakan kajian dan diskusi terkait perempuan, sebagai panduan dan pengayaan dari sisi emosional dan spiritual bagi para anggota maupun individu yang bergabung dalam ‘Friends of KJB’. 

Baca juga : Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Berikan Bantuan Jala Dan Bibit Ikan

“Tujuan dari komunitas ini agar jurnalis berhijab tetap produktif, saling mendukung, dan berkontribusi buat masyarakat luas. Terima kasih untuk pemateri, para peserta yang hadir hari ini, serta kepada Masjid Agung Sunda Kelapa,” tambah Okky.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.