Dark/Light Mode

SMPN 255 Jakarta Juara 1 LCCM 2023 Tingkat Nasional

Jumat, 13 Oktober 2023 17:20 WIB
SMPN 255 Jakarta perwakilan Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum LCCM 2023 SLTP Tingkat Nasional. Foto: Istimewa
SMPN 255 Jakarta perwakilan Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum LCCM 2023 SLTP Tingkat Nasional. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - SMPN 255 Jakarta perwakilan Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) 2023 SLTP Tingkat Nasional.

Tim LCCM Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari Rizki Adhi Permana, Arkana Adis Pratama dan Ismail Permata Yorsandhi meraih Piala Mahavidya, piala bergilir dari Mendikbudristek serta uang pembinaan sebesar Rp 35 juta.

Tim LCCM Provinsi DKI Jakarta terdiri dari Rizki Adhi Permana, Arkana Adis Pratama dan Ismail Permata Yorsandhi berhasil meraih juara 1 dalam lomba tersebut. Babak final berlangsung di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemendikbudristek Jakarta, Kamis (12/10).

Dalam babak final, ketiga siswa kelas 9 tersebut memperoleh skor 3.450. Unggul dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang menempati juara 2 dengan skor 3.000 dan Daerah Istimewa Yogyakarta juara 3 dengan skor 1.700.

Sementara Juara Harapan 1 diperoleh Provinsi Lampung, Harapan 2 Provinsi Kalimantan Utara dan Harapan 3 Provinsi Banten. Plt Kepala SMPN 255 Jakarta Heru Purnomo bersyukur atas raihan prestasi anak didiknya.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 9 Oktober, Hadir Di 5 Lokasi

"Alhamdulillah Tim LCCM SMPN 255 selaku perwakilan Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara 1 LCCM Tingkat Nasional. Semua berkat doa dan perjuangan tim yang luar biasa, selamat dan untuk kalian anak-anak hebat, ini adalah prestasi yang membanggakan bagi kita semua," ucap Heru Purnomo dalam keterangannya, Jumat (13/10).

Heru menuturkan, untuk menjadi juara tingkat nasional membutuhkan waktu panjang, keseriusan, kesabaran dan disiplin dalam berlatih.

"Kami SMPN 255 sering menjadi juara tingkat provinsi, selanjutnya mewakili DKI Jakarta namun belum berhasil. Tahun 2021 pernah menjadi juara harapan," katanya.

Heru mengapresiasi guru pembimbing SMPN 255 yang sabar dan tekun melatih para siswa hingga meraih juara 1 LCCM tingkat provinsi.

"Pemantik inilah yg menggerakkan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta memberikan dukungan untuk mempersiapkan LCCM tingkat nasional, termasuk Asosiasi Museum Indonesia, Dinas Pendidikan, Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, serta orang tua peserta didik," ungkapnya.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 8 Oktober, Hadir Di 3 Lokasi

Menurut Heru, kondisi tersebut cukup mendukung tim sehingga dapat fokus dalam persiapan untuk merebut kejuaraan tingkat nasional tersebut.

"Kemenangan kami ini adalah kemenangan para pihak yg telah mendukung serta berupaya untuk meraih kejuaraan menjadi sang juara," ujarnya.

Hal senada disampaikan Tri Rahmawati Erma Puspita Asri, selaku Guru Pembimbing Tim LCCM SMPN 255 Jakarta. Menurutnya, ini merupakan prestasi tertinggi bagi Provinsi DKI Jakarta dalam ajang LCCM Tingkat Nasional.

"Kerja keras kita alhamdulillah membuahkan hasil, SMPN 255 dapat mengharumkan nama Provinsi DKI Jakarta dalam LCCM Tingkat Nasional 2023. Terima kasih kepada semua pihak dan tentunya anak-anak ibu yang luar biasa," tuturnya.

"Alhamdulillah selama bertahun-tahun, baru pada tahun ini DKI Jakarta menjadi juara 1 LCCM. Terima kasih kepada Kepala Sekolah Bapak Heru Purnomo yang selalu memberikan dukungan. Kepada Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Asosiasi Museum Indonesia DKI dan semua pihak yang telah mendukung," sambung guru bersahaja mata pelajaran IPS itu.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 7 Oktober, Hadir Di 5 Lokasi

Dalam acara penutupan dan penyerahan hadiah, Rizki Adhi Permana terpilih sebagai peserta LCCM terlincah. Putra pertama Umi Sjarifah ini tampil aktraktif saat lomba.

"Selamat untuk Provinsi DKI Jakarta yang berhasil menjuarai LCCM 2023. Sukses selalu untuk kita semua," ucap peserta dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bengkulu dan Kepulauan Riau.

Sebagai informasi, LCCM 2023 SMP/MTs Nasional yang diselenggarakan Kemendikbudristek ini diikuti perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia. Gelaran yang dilaksanakan untuk kesembilan kalinya sejak 2015 ini berlangsung pada 9 - 14 Oktober 2023. Pembukaan berlangsung Senin (9/10) dan babak final pada Kamis (12/10).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.