Dark/Light Mode

Halmahera Barat Diguncang Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

Senin, 7 Januari 2019 17:48 WIB
Pusat gempa berada di laut 146 km baratlaut Halmahera Barat dengan kedalaman 10 Km, dirasakan di Manado, Bitung, Siau, Naha, Tobelo dan Galela. (Foto: Twitter @BMKG)
Pusat gempa berada di laut 146 km baratlaut Halmahera Barat dengan kedalaman 10 Km, dirasakan di Manado, Bitung, Siau, Naha, Tobelo dan Galela. (Foto: Twitter @BMKG)

 Sebelumnya 
Adapun penyebab gempa bumi di Halmahera ini diperkirakan berasosiasi  dengan busur belakang laut Maluku Barat dan Timur yang terletak di antara Provinsi Maluku Utara dan Sulawesi Utara.
Menurut informasi BMKG, dampak gempa bumi dirasakan (Skala MMI) II-III Manado, II-III Bitung, II-III Siau, II-III Naha, II-III Tobelo, II-III Galela. 

Baca juga : Labuan Bajo Diguncang Gempa 5 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Sampai dilaporkan hal ini, belum ada kerusakan yang yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini.Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun gempa bumi berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.

Baca juga : Halmahera Barat Diguncang Gempa 6 Kali

Lebih lanjut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari Pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi. Dan masyarakat untuk tetap waspada dengan kejadian gempa susulan yang energinya lebih kecil dari gempa bumi utama. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.