Dark/Light Mode

Ambon & Sumba Barat Daya Digoyang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 3 Januari 2019 12:43 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota Ambon, Maluku dan Sumba Barat Daya, NTT diguncang gempa dalam waktu yang hampir bersamaan. Gempa lebih dulu menggoyang Ambon pada pukul 11.21 WIB, dengan kekuatan 4,6 Skala Richter. 

Baca juga : Kota Sarmi Papua Digoyang Gempa 5,3 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa Ambon berada di laut, yang berjarak 47 km arah Barat Ambon, 64 km Timur Ambalau Buru Selatan, 78 km Baratdaya Kairatu Seram Bagian Barat, 85 km Tenggara Namlea Pulau Buru, dan 85 km Baratdaya Piru Seram Bagian Barat.  Gempa berkedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

Baca juga : Banda Aceh Digoyang Gempa 5,1 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

Hampir setengah jam berselang, Sumba Barat Daya diguncang gempa bermagnitudo 5. Menurut BMKG, pusat gempa terletak 238 km arah Baratdaya Sumba Barat Daya. Gempa yang sama-sama berpusat di laut dengan 10 km itu, juga tidak berpotensi tsunami. [HES]  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.