Dark/Light Mode

BI Jakarta Gelar Jakreatifest 2024 Di Kota Kasablanka

Selasa, 21 Mei 2024 17:46 WIB
Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Arlyana Abubakar saat konferensi pers Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) 2024. (Foto: Ist)
Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Arlyana Abubakar saat konferensi pers Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) 2024. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DKI Jakarta kembali menggelar Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) 2024 di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 9 Juni 2024. Kegiatan ini sekaligus untuk mendukung legitimasi posisi Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global.

Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Arlyana Abubakar mengatakan, acara tersebut merupakan program tahunan KPw BI Jakarta  yang dilaksanakan sejak tahun 2021. Pada tahun keempat pelaksanaannya ini, Jakreatifest 2024 mengusung tema “Inovasi Jakarta Menuju Kota Global”.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Selasa 21 Mei, Hadir Di 5 Lokasi

Melalui kehadiran Jakreatifest, diharapkan akan terbangun dukungan yang lebih solid untuk eskalasi peran UMKM dan Pariwisata dalam menggerakkan roda perekonomian, terpacunya pembentukan ekosistem produk/jasa sistem pembayaran berbasis digital, terakselerasinya pertumbuhan ekonomi serta terjaganya stabilitas harga di wilayah Jakarta,” kata Arlyana Abubakar, di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Lebih lanjut Arlyana menjelaskan, terdapat tiga program unggulan pada Jakreatifest tahun 2024, diantaranya: peningkatan kapasitas pemasaran dan pembiayaan, digitalisasi sistem pembayaran, serta dukungan stabilitas harga pangan.

Baca juga : Samakan Persepsi, MUI DKI Jakarta Gelar Bimtek Fatwa Halal

Dalam event Jakreatifest 2024 akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang terdiri dari showcase, booth layanan, hingga talk show. Showcase atau pameran terdiri dari produk UMKM Ekspor, Festival Kopi Nusantara, hingga Festival Produk Bahan Pangan Olahan. Selain itu, terdapat sejumlah booth edukasi, layanan dan informasi yang mencakup layanan sertifikasi halal, penukaran uang, hingga Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Adapun target outcome nominal business matching dan transaksi penjualan UMKM pada Jakreatifestival tahun 2024 sebesar Rp 9,25 Miliar, naik sebesar 8,8% dari tahun 2023 8,5 miliar,” ujarnya.

Baca juga : Cuaca Jakarta Hari Ini Rabu 15 Mei 2024, Info BMKG Hujan Atau Panas?

Untuk meningkatkan literasi audiens, terdapat penyelenggaraan talk show yang meliputi topik digitalisasi pembayaran, halal lifestyle, perlindungan konsumen dan keuangan inklusif, UMKM ekspor dan ekonomi syariah, serta produk pangan olahan. Rangkaian acara dilengkapi dengan live music performance oleh sederet artis Ibu Kota yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.