Dark/Light Mode

Sedot 30 Ribu Pengunjung, Jakreatifest 2024 Catat Transaksi Rp 12 Miliar

Senin, 10 Juni 2024 05:10 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar. (Foto: Ist)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -

Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) telah berakhir setelah diselenggarakan pada 6-9 Juni 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Kegiatan rangkaian HUT Jakarta ke-497 ini mencatat angka transaksi mencapai Rp 12 miliar.

Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan, acara ini merupakan ajang pemasaran berbagai produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta online dan offline. Ia menyebut capaian ini merupakan hasil positif karena melampaui target awal Rp 9,25 miliar.

"Dari 30.000 pengunjung yang hadir secara langsung di Mall Kota Kasablanka, yang sukses mencatat transaksi penjualan dan business matching hingga Rp 12 Miliar," ujar Arlyana kepada wartawan, Minggu (9/6/2024).

Menurutnya, nominal ini diperkirakan akan terus bertambah sejalan dengan penjualan produk-produk UMKM secara online yang juga dipasarkan di marketplace Shopee hingga 30 Juni 2024.

Dalam rangka ketahanan pangan, telah terlaksana pula fasilitasi penandatanganan MoU Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan enam mitra di seluruh Indonesia guna menjaga kestabilan pasokan komoditas penyumbang inflasi, antara lain beras, daging sapi, daging ayam, dan bawang merah.

Selain itu, penyelenggaraan kegiatan literasi dan edukasi dalam bentuk talk show serta booth informasi dan layanan juga telah terlaksana. Tercatat total 3.939 peserta dan pengunjung yang hadir, baik secara langsung maupun online untuk menyaksikan talk show dengan berbagai tema.

Di antaranya UMKM ekspor, ekonomi syariah, pengendalian inflasi, digitalisasi, pelindungan konsumen dan keuangan inklusif, serta informasi seputar digitalisasi layanan transportasi, pariwisata, kupva, sertifikasi halal, Cinta Bangga Paham Rupiah, Identitas Kependudukan Digital (IKD), pencetakan KTP, pembayaran pajak digital hingga penukaran uang Rupiah.

"Jumlah partisipasi ini menunjukan sambutan yang postif dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam mendukung dan menggali berbagai informasi dari JaKreatiFest 2024 ini," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.