Dark/Light Mode

Ternate & Manado Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Rabu, 20 Februari 2019 10:14 WIB
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wilayah laut di sebelah barat Kabupaten Kota Ternate diguncang gempa tektonik pada hari ini, Rabu (20/2) pukul 07.10 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa tersebut bermagnitudo M5,9, yang kemudian dimutakhirkan menjadi M5,6.

Episenter gempa terletak pada koordinat 0,77 LU dan 126,2 BT. Gempa yang berlokasi di laut itu berada pada kedalaman 62 km. Jaraknya, 131 km arah Barat Kota Ternate, Maluku Utara.

Baca juga : Halmahera Diguncang Gempa 5,2 SR, Tak Berpotensi Tsunami

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas faulting/penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme sesar naik (thrust fault)," jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/2). 

Berdasarkan informasi dari masyarakat, gempa dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI)N II-III di Ternate. Skala MMI II dirasakan di Manado, Bitung, dan Kotamubagu. 

Baca juga : Kota Jayapura Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

"Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 07.28 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," terang Rahmat.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg.  [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.