Dark/Light Mode

Berinteraksi Langsung Dengan Pembeli

Pedagang Pasar Ngebet Ingin Divaksin Covid-19

Minggu, 21 Februari 2021 06:00 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). (Foto: Hires/Setpres)
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). (Foto: Hires/Setpres)

 Sebelumnya 
Dia menceritakan, pendataan vaksinasi dilakukan petugas Pasar Jaya. Setelah itu, dirinya menerima undangan sebelum vaksinasi. Namun demikian, ada juga pedagang yang belum divaksinasi. Hingga kini, dia belum mendapatkan undangan.

“Saya udah tanya ke pengelola pasar. Kata mereka, datanya masih diproses Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Dia menegaskan, bersedia divaksin sebab pekerjaannya setiap hari bertemu dengan banyak orang.

Baca juga : Sandiaga Ingin Pelaku Pariwisata Dan Ekraf Diprioritaskan Vaksin

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, vaksinasi massal bagi pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang, jadi percontohan untuk program vaksinasi di pasar-pasar lainnya di Ibu Kota Jakarta.

“Ini menjadi salah satu cara menemukan format vaksinasi yang dilakukan di pusat-pusat pertokoan lainnya,” ujar Anies.

Berikutnya, lanjut Anies, vaksinasi Covid-19 akan dilakukan terhadap pedagang di 153 pasar lainnya di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga : Kunjungi Tanah Abang, Presiden Ingatkan Semua Pelayan Publik Harus Divaksin Covid-19

Anies mengklaim, pelaksanaan vaksinasi massal di Blok A Pasar Tanah Abang berlangsung cukup baik. Pedagang antusias melakukan vaksinasi. Hingga saat ini, belum ditemukan kendala dalam pelaksanaan vaksinasi.

Vaksinasi untuk pedagang Pasar Tanah Abang dilakukan dua tahap. Untuk gelombang pertama, vaksinasi dilakukan terhadap 9.729 pedagang. Waktunya, pada 17-21 Februari 2021. Untuk tahap kedua vaksinasi dilakukan terhadap 2.267 orang. Waktunya, 22 sampai 24 Februari 2021.

Pemerintah mencatat total pedagang di Jakarta sebanyak 55 ribu orang. Jumlah tersebut merupakan data awal pencatatan dan kemungkinan masih akan bertambah.

Baca juga : Menko Perekonomian Apresiasi Dukungan TNI Dalam Penanganan Covid-19

Plt Kepala Badan Pengembangandan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan, total pedagang pasar di seluruh Indonesia berjumlah 4.014.000 orang.

“Khusus pedagang pasar, kami mohon maaf, itu dapat data yang kami terima dari BPJS Ketenagakerjaan dan Askrindo,” ungkapnya.

Dia memastikan, pelaku UMKM juga akan mendapatkan vaksinasi. Hanya saja, pada tahap selanjutnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.