Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kalau Dapat Hunian Layak, Warga Kebon Pala Siap Direlokasi

Selasa, 23 Februari 2021 15:16 WIB
Banjir di Jakarta Timur. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Banjir di Jakarta Timur. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bosan tiap tahun selalu kebanjiran setinggi langit-langit rumah, Haikal, warga Kebon Pala, RT 08/08 Jakarta Timur, menyatakan siap direlokasi pemerintah. Syaratnya, masih di Jakarta, dan hunian yang disediakan masuk dalam kategori layak.

"Siap nggak siap, suatu saat kita pasti digusur. Tadinya kita menyangka akan digusur Ahok. Ternyata dia sudah tak jadi gubernur lagi. Kalau keluarga saya, siap pindah dari Kebon Pala, karena bosan dari dulu selalu kebanjiran," tutur Haikal yang kesehariannya berdagang ikan hias di Lapangan Jenderal Urip Sumohardjo, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (23/2).

Sejak kecil, Haikal, 20, mengaku sudah merasakan banjir setinggi loteng, atau sekitar 2-3 meter. "Rumah tetangga juga sama. Tapi mau gimana lagi, kita terpaksa tetap di situ," ujar Haikal yang lahir di era reformasi itu.

Baca juga : Gubernur Anies Berduka Lima Warga Meninggal Akibat Banjir Jakarta

Hal senada dilontarkan Udin Uter, warga RT 10/05 Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan ini. Dia mengaku sudah menjajakan rumahnya sejak beberapa tahun lalu. Namun hingga kini belum laku juga.

"Rumah saya luasnya 120 meter, mau dijual 850 juta. Ada yang minat cuma beli separoh (60 meter), nawarnya 300 juta. Saya nggak kasih lah," jelas Udin yang juga mengaku bosan kebanjiran.

Sementara itu pengamat tata kota Yayat Supriatna mengatakan, warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung beserta tanah reklamasinya harus ditertibkan. Soalnya, hal tersebut dapat mempersempit luas sungai dan menghambat aliran air.

Baca juga : Jakarta Masih Banjjr, Layanan SIM Di Jakarta Tetap Hadir Di 2 Lokasi

"Enggak boleh itu (warga bangun dataran di bantaran Kali Ciliwung). Jadi bantaran sungai itu harus bebas dari pemukiman. Ya kan sungai menyempit. Dengan sungai menyempit banjir akan terjadi dengan mudah," ujar Yayat.

Namun, kenyataannya warga malah lebih memilih lokasi tersebut sebagai tempat tinggal. Dia menduga banyak warga yang menganggap lahan tersebut bebas untuk digunakan.

"Kenapa sungai itu diuruk? Karena seakan-akan tidak ada pemiliknya. Tidak ada yang awasi dan tidak ada yang nindak," tuturnya.

Baca juga : Terdampak Banjir, 27 Warga Kampung Melayu Dievakuasi

Dia mengimbau pemerintah tegas mengambil sikap untuk menertibkan bangunan tersebut. Tidak hanya itu, Yayat juga berharap pemerintah sudah menyiapkan tempat tinggal untuk pengganti tempat tinggal warga. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.