Dark/Light Mode

Targetkan Jakarta Capai 100 % Pada HUT RI

Polda Metro Sisir Warga Belum Divaksin Corona

Sabtu, 7 Agustus 2021 06:50 WIB
Petugas medis menyuntikkan vaksin kepada warga di Jati Padang, Jakarta, Senin (2/8/2021). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Petugas medis menyuntikkan vaksin kepada warga di Jati Padang, Jakarta, Senin (2/8/2021). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
“Nanti (Pemerintah Provinsi) akan menyampaikan program ini kepada seluruh RT/RW DKI. Nanti semua akan dilibatkan baik ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dasa wisma, karang taruna, remaja masjid, dan lain-lainnya,” jelasnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis 1 telah diberikan kepada 8.032.264 orang atau 91,1 persen. Adapun vaksinasi dosis 2 kini sudah mencapai 3.083.135 orang atau 35 persen. “Jumlah yang divaksin dosis 1 hari ini (Rabu) sebanyak 113.532 orang. Dan, jumlah yang divaksin dosis 2 hari ini sebanyak 98.891 orang. Target kami memberikan vaksinasi di atas 100.000 orang per hari,” ungkap Dwi, di Jakarta, Kamis (5/8).

Baca juga : Targetkan 8,3 Juta Warga DKI, Polda Metro Jaya Geber Vaksinasi Merdeka

Untuk vaksinasi anak usia 12-17 tahun, lanjut Dwi, untuk dosis 1 telah dilakukan sebanyak 76,4 persen, dan untuk dosis 2 sebanyak 5,4 persen. Sedangkan warga usia 18-59 tahun, untuk dosis 1 mencapai 92,8 persen dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 34 persen. Sedangkan, pada kelompok lansia, vaksinasi dosis 1 mencapai 81,7 persen dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 69,8 persen.

“Untuk vaksinasi gotong royong, untuk dosis 1 telah diberikan kepada 166.758 orang dan dosis 2 sebanyak 111.294 orang,” imbuhnya.

Baca juga : Wagub DKI Ajak Warga Proaktif Ikut Vaksinasi

Dia menerangkan, untuk warga yang mau melakukan vaksinasi, dapat langsung ke tempat vaksinasi. Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, disarankannya, mendaftar dahulu via aplikasi Jaki atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

“Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pre-screening tes online,” ujarnya.

Baca juga : Kejar Herd Immunity, Polda Metro Jaya Bakal Lakukan Vaksinasi Door To Door

Untuk menemukan tempat vaksinasi, dijelaskannya, warga bisa mengecek melalui aplikasi google maps. Hanya dengan menuliskan “vaksin Covid-19”, warga dapat menemukan lokasi serta dibantu informasi jalur menemukan lokasi yang dipilih.

Adapun kategori warga 18+ yang dapat divaksinasi di DKI Jakarta adalah warga ber-Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta, warga ber-KTP dari luar DKI Jakarta, tetapi berdomisili di DKI Jakarta (membawa keterangan domisili diperoleh dari petugas RT, tidak harus dari ketua RT) dan pekerja di DKI Jakarta yang ber-KTP dari luar DKI Jakarta (membawa keterangan dari tempat kerja).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.