Dewan Pers

Dark/Light Mode

Projo Dikerjain Spanduk Puan-Gibran

Ganjar Pranowo Wajib Waspada

Kamis, 23 Juni 2022 07:40 WIB
Spanduk yang menduetkan Ketua DPR Puan Maharani dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)
Spanduk yang menduetkan Ketua DPR Puan Maharani dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Pro Jokowi (Projo) dikerjai spanduk yang menduetkan Ketua DPR Puan Maharani dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk Pilpres 2024. Apakah ini peringatan buat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang diusung untuk bertarung memperebutkan kursi RI 1.

Spanduk tersebut, memampang foto dua tokoh itu dengan tulisan ‘Puan Bersama Gibran dari Solo Raya untuk Indonesia’. Di spanduk tersebut, juga ada logo mirip ‘Projo’. Bendahara Umum Projo, Panel Barus, mengaku merasa geregetan dengan spanduk berlogo mirip ‘Projo’ yang menduetkan Ketua DPR, Puan Maharani dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bermunculan di kota Batik itu. “Belakangan nama Projo sering dicatut, terutama setelah Rakernas V di Magelang pada Mei yang lalu,” ujar Panel Barus, belum lama ini.

Berita Terkait : Setia Ke PDIP, Ganjar Pranowo Digoda Netizen

Diungkapkan, ketika Rakernas V Projo juga muncul ratusan spanduk dukungan ormas tersebut terhadap Ganjar Pranowo secara tiba-tiba. Padahal, kata Panel, Rakernas V Projo tidak mempunyai agenda pembahasan capres, hanya menginisiasi lahirnya Musyawarah Rakyat (Musra).

Dia menganalisa, spanduk tersebut berupaya untuk memunculkan kesan bahwa Projo akan mendukung Puan-Gibran pada Pilpres 2024. Namun, kata Panel, logo pada spanduk di Solo bukanlah logo resmi Projo, yang didominasi warna merah. “Secara konstitusional Mas Gibran belum memungkinkan untuk maju karena Undang-Undang Dasar 1945 jelas mengatur usia capres atau cawapres minimal 40 tahun,” pungkasnya.

Berita Terkait : Emak-emak Deli Serdang Deklarasikan Dukungan Buat Ganjar Pranowo

Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (SIGMA), Hendra Setyawan mengatakan, kemunculan spanduk dukungan Puan-Gibran di Pilpres 2024 mengatasnamakan Projo itu perlu diwaspadai. “Ini early warning ya atau peringatan dini buat Ganjar,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Hendra menganalisa, spanduk ini menggambarkan peringatan dini terhadap Ganjar karena ada putra Jokowi, yaitu Gibran. Sekalipun Gibran memang orang nomor satu di Solo karena menjabat Walikota, penempatan logo mirip Projo bisa diasumsikan menyasar Ganjar.

Berita Terkait : Ribuan Santri DIY Berselawat dan Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Pasalnya, Projo saat ini identik sebagai alat politik Jokowi di Pilpres 2024. Sekalipun belum menentukan jagoannya di Pilpres 2024, beredar asumsi bahwa relawan Jokowi ini bakal mendaratkan pilihannya kepada Ganjar. Hal ini, terlihat dari sinyal yang disampaikan Jokowi bahwa yang mungkin kita dukung ada di acara Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang (21/5). Kala itu, sejumlah tokoh hadir saat Jokowi berpidato. Termasuk Ganjar. Saat itu suara Ganjar mendukung capres pun menggema di acara tersebut.

Hendra mengatakan, saat ini semua pihak tengah kasak-kusuk berbicara copras-capres untuk Pemilu 2024. Termasuk, mencari sinyal untuk mengetahui posisi capres yang akan didukung PDIP. Apakah mengusung internal, atau mendukung capres partai lain. ■BSH