Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tanah Bumbu Punya Perpustakaan Mewah, Diharapkan Jadi Kebanggaan Warga

Kamis, 4 Agustus 2022 13:17 WIB
Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Foto: Dok. Perpusnas)
Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan sebagai episentrum ilmu pengetahuan memiliki peran krusial bagi kemajuan masyarakat. Seiring berkembangnya masyarakat, perpustakaan tidak sekadar tempat untuk membaca.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Deni Kurniadi, menyatakan bahwa perpustakaan harus meningkatkan perannya sebagai agent of change. Hal ini dapat dilakukan apabila perpustakaan bertransformasi meningkatkan layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berbasis inklusi sosial.

“Perpustakaan berbasis inklusi sosial dirancang untuk memiliki manfaat tinggi di masyarakat sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kreativitas dan inovasi agar menjadi produktif bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya, saat meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis (4/8).

Baca juga : BNPT Selenggarakan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional

Dia menambahkan, perpustakaan tidak lagi hanya berslogan mencerdaskan, tetapi juga berperan dalam menyejahterakan masyarakat melalui berbagai koleksi yang ada. "Kita tidak bicara tentang peningkatan kesejahteraan dalam skala besar, tetapi dengan peningkatan kesejahteraan tingkat keluarga diharapkan perpustakaan turut membantu dalam mengentaskan kemiskinan," jelasnya.

Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu merupakan langkah strategis dalam meningkatkan laju pertumbuhan budaya baca dan literasi. Gedung baru diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Bumbu serta pilihan rekreasi keluarga.

Pembangunan gedung berlantai tiga ini bersumber dari APBN menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan Tahun 2019 senilai Rp 10 miliar. Pada tahun ini, Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan DAK untuk menu pengadaan perabot layanan senilai Rp 475 juta. "Semoga ini dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan layanan perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu," harapnya.

Baca juga : DPR Dukung Peningkatan Desa Wisata Karampuang, Sulbar

Di tempat yang sama, Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas bantuan pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan. Dia yakin, hal ini akan memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat Tanah Bumbu.

Sebagai kabupaten yang baru berusia 19 tahun, Tanah Bumbu terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya dengan pembangunan perpustakaan. "Ada upaya yang harus dilakukan khusus. Salah satu yang dianjurkan para tokoh bahwa rahasia dunia dan akhirat adalah ilmu. Ilmu kuncinya membaca. Hal ini menjadi sangat relevan dengan kehadiran perpustakaan untuk pengembangan Tanah Bumbu," ungkapnya.

Kabupaten dengan luas wilayah 5.066 kilometer persegi tersebut memiliki potensi wilayah yang beragam yakni tambang, perkebunan, dan laut. "Dalam upaya peningkatan kesejahteraan, perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu juga telah menginisiasi UMKM dalam mengolah mengembangkan produk hasil dari potensi yang ada," jelasnya.

Baca juga : Johan Budi: Mbak Puan Maharani Sangat Layak Maju Capres

Zairullah mengajak seluruh Dinas Perpustakaan kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Selatan untuk menjadikan perpustakaan sebagai salah satu andalan dan unggulan. "Jika masyarakat cerdas pasti maju daerahnya. Sudah kita lihat di negara-negara maju bahwa ada korelasi kecerdasan manusia terhadap peningkatan kemajuan pengembangan wilayah daerah," pungkasnya.

Usai peresmian, Bupati Zairullah mengukuhkan Wahyu Windarti sebagai Bunda Literasi Kabupaten Tanah Bumbu. Bunda Literasi diharapkan dapat menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun SDM Kabupaten Tanah Bumbu yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.