Dark/Light Mode

Tentara Amerika Apresiasi Latihan Garuda Shield Tiga Matra

Kamis, 20 Oktober 2022 11:31 WIB
Para prajurit tentara Amerika sedang menghidangkan makanan khas Indonesia di piringnya, dalam latihan bersama Garuda Shield gabungan tiga matra. (Foto: Istimewa)
Para prajurit tentara Amerika sedang menghidangkan makanan khas Indonesia di piringnya, dalam latihan bersama Garuda Shield gabungan tiga matra. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah seorang prajurit tentara Amerika Serikat mengaku gembira bisa berpartisipasi dalam latihan bersama Garuda Shield yang diprakarsai TNI. Apalagi latihan bersama kali ini melibatkan tiga matra: TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

"Ini adalah tahun pertama keberhasilan mengadakan Garuda Shield gabungan dari semua matra, biasanya hanya latihan gabungan bersama TNI AD. Sehingga membuat Garuda Shield menjadi lebih besar dari tahun lalu," kata perwakilan tentara Amerika, seperti dilihat di kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Kamis (20/10).

Menurutnya, latihan gabungan ini penting untuk menjaga hubungan baik antara Pemerintah Amerika dengan Indonesia.

"Kami sangat bersemangat untuk menjadi bagian dalam kegiatan ini dan senang untuk membangun kerjasama ini. Semoga keberadaan kami di sini dapat memberikan kemajuan dan melanjutkan kerjasama ini," ujarnya.

Baca juga : Mentan Pastikan Kebutuhan Pangan Hingga Akhir Tahun Aman

Dalam tayangan yang telah ditonton 34 ribu orang itu, tentara Amerika terlihat lahap meskipun menyantap makanan khas Indonesia. Mereka ngantri untuk mendapatkan giliran menghidangkan makanan yang disediakan secara prasmanan.

Adapun makanan yang disajikan antara lain nasi putih, lauk pedas, mie semacam spageti, kuah sayur, otak-otak hingga kerupuk.

"Enak sekali. Tidak masalah dengan perutku. Memang agak sedikit pedas, tapi tidak apa apa. Teman-teman juga akan terbiasa," lanjutnya.

Saat santap makan di meja bundar, para tentara Paman Sam ini dihampiri istri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Veronica Yulis Prihayati. Pada momen ini, Vero mengajarkan mereka menyerukan motto TNI AL, "Jalasveva Jayamahe".

Baca juga : Fraksi PDIP Apresiasi Posko Pengaduan Warga Di Balaikota

"Ketika saya menyebut Jalasveva, kalian menjawab Jayamahe," ucap Vero, disambut teriakan serempak Jayamahe dari prajurit TNI Amerika.

Sekadar informasi, motto atau seruan TNI Angkatan Laut Indonesia adalah "Jalesveva Jayamahe" yang sering kali diterjemahkan sebagai "Justru di Laut Kita Jaya".

Dia pun tidak mau kalah dengan istrinya. Selain mengajak tentara Amerika menyerukan motto "Jalasveva Jayamahe", Yudo juga mengajak mereka meneriakan yel-yel korps marinir.

"Sekarang korps marinir. Aurgh, aurgh, aurgh, yes," dikte Yudo disambut teriakan yang sama dari tentara Amerika sebanyak tiga kali.

Baca juga : Hajar Latvia 5-0, Garuda Kinclong Di Laga Pembuka

Diketahui, di era kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, latihan bersama Garuda Shield bukan cuma diikuti oleh prajurit TNI Angkatan Darat. Namun, tiga matra yang ada di TNI juga diikutsertakan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.