Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

IKN Diyakini Dorong Pertumbuhan Ekonomi UMKM Di Kukar

Kamis, 20 Oktober 2022 20:37 WIB
Salah satu pelaku UMKM di Kukar, pemilik Rumah Makan (RM) Tepian Pandan Husaini Rasyid. (Foto: Istimewa)
Salah satu pelaku UMKM di Kukar, pemilik Rumah Makan (RM) Tepian Pandan Husaini Rasyid. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), membawa banyak manfaat bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), baik di kawasan inti maupun di kawasan penyangga, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Salah satu pelaku UMKM di Kukar, Husaini Rasyid, pemilik Rumah Makan (RM) Tepian Pandan dan mantan anggota DPRD Kukar 2004-2009 ini merasakan peningkatan jumlah kunjungan tamu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perpindahan IKN Nusantara.

"Saya merasa senang, bersyukur dan bangga atas keputusan Presiden Jokowi memindahkan IKN ke Wilayah Kaltim. Dampak positif yang kami rasakan adalah peningkatan jumlah kunjungan tamu yang pesat, ini berkah yang patut disyukuri bagi para pelaku UMKM," kata Husaini kepada wartawan, Kamis (20/10).

Sebelum ada rencana kepindahan IKN di Kaltim, keberadaan RM Tepian Pandan memang sudah iconik dan dikenal di wilayah Kaltim.

Namun kunjungan tamu semakin meningkat tajam, setelah Presiden Jokowi menetapkan Penajam Paser Utara sebagai inti pemerintahan yang baru, dan Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai kawasan penyangga IKN.

Baca juga : TEI 2022, HIPMI Jaya Dorong Pengusaha Muda Ekspor Produknya

"Dampak kunjungan tamu RM Tepian Pandan meningkat luar biasa, khususnya para tamu dari Jakarta atau luar Kaltim, baik tamu domestik mau tamu asing, hari kerja dan hari libur tetap ramai," ujar Husaini.

Lebih lanjut, Husaini berharap agar rencana pembangunan IKN ini juga dibarengi dengan pembangunan akses sarana dan prasarana ke Tenggarong. Sehingga nantinya, ekonomi di kawasan penyangga IKN semakin sejahtera.

"Mudah-mudahan nantinya, akses sarana dan prasarana jalan dari Sepaku ke Tenggarong yang jaraknya tak begitu jauh segera terwujud, sehingga menambah daya dukung ekonomi masyarakat di kawasan IKN semakin sejahtera," harapnya.

Husaini mewakili pelaku UMKM di Kukar ini menegaskan, pihaknya setuju dan mendukung penuh kepindahan IKN di wilayah Kaltim. Pembangunan IKN, kata dia, menunjukkan pembangunan infrastruktur pembangunan yang tidak hanya terpusat di Pulau Jawa alias Jawa-sentris tetapi Indonesia-sentris.

"Bisa dikatakan, Kepindahan IKN di Kaltim merupakan upaya pemerataan pembangunan diluar Jawa," tuturnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembangunan Sirkuit Balap Di Kalimantan Timur

Husaini berpendapat, pembangunan IKN di Kaltim tentu memicu pergerakan positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal di sekitar kawasan IKN, mulai dari sektor kuliner dan pangan, penginapan, kerajinan, destinasi wisata hingga pengembangan usaha UMKM lainnya.

"Apalagi perpindahan penduduk dari Jawa ke Kaltim karena adanya IKN tersebut, tentu merupakan peluang pasar yang bagus, roda perputaran ekonomi akan signifikan bagi masyarakat Kaltim," kata dia.

Di sisi lain, Husaini juga menyampaikan sejumlah kendala yang dihadapi UMKM, khususnya usaha rumah makan yang digelutinya. RM Tepian Pandan diketahui menyajikan menu makanan khas Kutai, yaitu Sate Rusa, Ikan Leis, Ikan Patin Mahakam dan Udang Galah.

Kendalanya, yakni keterbatasan stok ikan lokal seperti ketersediaan jenis Ikan Lais, udang galah sungai mahakam, patin mahakam, dan daging rusa. Selama ini, jumlah pasokan tersebut masih bergantung pada hasil tangkapan masyarakat.

"Ini menjadi tantangan yang harus segera diselesaikan oleh pihak terkait, karena kondisi lingkungan sangat mendukung dan tersedia," tandas Husaini.

Baca juga : Kementan Dorong Peningkatan Konsumsi Daging Ayam Dan Telur Nasional

Dia berharap ke depan, ada upaya dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk memfasilitasi para pelaku UMKM di berbagai sektor.

Sehingga, pemindahan dan pembangunan IKN tidak hanya mendorong peningkatan jumlah penduduk, namun mampu memberikan peluang usaha ekonomi baru bagi masyarakat lokal.

"Kondisi ini juga diharapkan mampu mendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat yang berada di daerah penyangga kawasan IKN," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.