Dark/Light Mode

Bamsoet Raih Juara III Lomba Menembak Kopassus Open 2022

Jumat, 4 November 2022 16:33 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (memakai topi) mengikuti Kejuaraan Menembak Kopassus Baladika Open Championship 2022, di Lapangan Tembak Group-1 Kopassus, Serang, Banten, Jumat (4/11). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (memakai topi) mengikuti Kejuaraan Menembak Kopassus Baladika Open Championship 2022, di Lapangan Tembak Group-1 Kopassus, Serang, Banten, Jumat (4/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Pemilik Izin Khusus Senjata Api Bela Diri Indonesia (Perikhsa) dan Penasihat PB Perbakin Bambang Soesatyo meraih Juara III Kelas Novelty Shoot Eksekutif Kejuaraan Menembak Kopassus Baladika Open Championship 2022. Dalam kejuaraan ini, pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut tergabung dalam Tim Aligator bersama Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Kapusdiklat BIN Brigjen Lucky Avianto, dan Aslog Kopassus Letkol Bayu Kurniawan.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan yang tergabung dalam Tim Bison berhasil menjadi Juara I. Tim Bison terdiri dari Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto, Dangroup-3 Kopassus Kolonel Inf Donny Pramono, serta Dansat-81 Kopassus Letkol Inf. Raden Nasrul Fathurrohman.

Baca juga : Bakamla Gelar Latihan Menembak Kesiapan Operasi Wilayah Barat

Kejuaraan Menembak Baladika Open Championship 2022 diselenggarakan Group 1 Kopassus bekerja sama dengan Perbakin Banten, dalam rangkaian acara memperingati HUT ke-77 TNI. Kejuaraan ini diikuti 436 peserta berasal dari prajurit TNI, personil Polri, dan masyarakat sipil, yang terjun ke berbagai kelas kejuaraan.

"Selain sebagai ajang pembinaan atlet menembak, juga untuk mengasah kemampuan menembak prajurit TNI dan Polri, serta para pemilik izin khusus senjata api bela diri," ujar Bamsoet, usai mengikuti Kejuaraan Menembak Kopassus Baladika Open Championship 2022, di Lapangan Tembak Group-1 Kopassus, Serang, Banten, Jumat (4/11).

Baca juga : Bamsoet Ajak HIPKA KAHMI Kembangkan Ekonomi Nasional

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, di medan pertempuran maupun di medan perlombaan, kemampuan menembak prajurit TNI, termasuk di dalamnya prajurit Kopassus, tidak perlu diragukan. Salah satunya diperlihatkan dengan 13 kali menjadi Juara Umum lomba tembak internasional ASEAN Armies Rifle Meet (AARM).

"Pada 4-12 November 2022, AARM ke-30 akan diselenggarakan di Vietnam. TNI mengirimkan 25 prajurit dan 18 official. Kita doakan agar mereka bisa pulang dengan hasil maksimal, bisa kembali mengharumkan nama Indonesia," jelas Bamsoet.

Baca juga : Indonesia Sisakan Rehan/Lisa Di Semifinal French Open 2022

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini sebelumnya juga berhasil menjadi Juara I Best of The Best Kelas Eksekutif dalam Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup 2022 setelah mengalahkan Kepala BNN Komjen Petrus Golose, Wakil Jaksa Agung Sunarta dan Kajati Kalimantan Barat Mashudi, di Lapangan Tembak Perbakin, Senayan, Jakarta, Juli 2022. Serta menjadi Juara II Kejuaraan Menembak Tribuana Merah Putih Open Championship 2022 IPSC Level II, Kelas Novelty Shoot 100 meter, 300 meter, dan 400 meter, yang diselenggarakan Sat-81 Kopassus di Mako Kopassus Cijantung pada Agustus 2022.

"Olahraga menembak merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam pertandingan Olimpiade, sehingga termasuk cabang olahraga bergengsi dunia. Lebih dari itu, olahraga menembak mengajarkan konsentrasi dalam berpikir dan bertindak, kemahiran akurasi dan ketahanan, fokus pada ketepatan mengambil keputusan, hingga tanggung jawab dan etika," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.