Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepincut Program Ekonomi Pesantren

Ribuan Kyai Muda Di Ngawi Dukung Ganjar Presiden 2024

Rabu, 30 November 2022 12:39 WIB
Ribuan Kyai Muda di Ngawi, Jawa Timur (Jatim) menggelar maulid nabi, doa bersama, dan sholawatan, Rabu (30/11). Mereka berdoa agar bangsa Indonesia lebih maju, sejahtera, dan aman untuk semua orang. (Foto: Ist)
Ribuan Kyai Muda di Ngawi, Jawa Timur (Jatim) menggelar maulid nabi, doa bersama, dan sholawatan, Rabu (30/11). Mereka berdoa agar bangsa Indonesia lebih maju, sejahtera, dan aman untuk semua orang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan Kyai Muda di Ngawi, Jawa Timur (Jatim) menggelar maulid nabi, doa bersama, dan sholawatan. Mereka berdoa agar bangsa Indonesia lebih maju, sejahtera, dan aman untuk semua orang. 

Ada harapan dalam doa mereka, agar Indonesia mendapatkan pemimpin yang baik, nasionalis, cinta kepada rakyat, peduli terhadap pesantren, menjunjung tinggi toleransi, diterima semua kalangan, dan punya program terbaik. Menurut mereka, sosok pemimpin itu adalah Ganjar Pranowo

Ribuan Kyai Muda Jatim mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Deklarasi diikuti oleh para kyai, ulama, dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Desa Dari, Tawun, Kasreman, Ngawi, Jatim. 

Baca juga : Bersama Warga Depok, Kowarteg Indonesia Deklarasi Ganjar Pranowo Presiden 2024

Pendiri Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Nasrodin Alwi mengatakan, figur Ganjar Pranowo sangat dekat dengan kalangan pesantren dan anak muda. Nasrodin melihat bahwa ada banyak program kerja unggulan Ganjar di kalangan santri, salah satunya ekonomi pesantren. 

"Program Bapak Ganjar sendiri adalah itu ada yang berkaitan dengan pondok pesantren, yaitu ekonomi pesantren. Itu yang membuat kita sebagai kiai muda, semangat untuk mendukung beliau sebagai presiden 2024," kata Nasrodin, Rabu (30/11). 

Program ekonomi pesantren yang digagas Ganjar membuat para santri dan civitas Ponpes mendapatkan pelatihan hingga pendampingan untuk pengembangan usaha. Dengan program ini, Ganjar mendorong kemampuan pesantren untuk menggerakan perekonomian di lingkungan masyarakat sekitar. 

Baca juga : Gerakan Ketahanan Pangan, Ratusan Petani Tebu Di Madiun Dukung Ganjar Presiden 2024

Ganjar juga terus menjalankan amanat UU Pesantren Nomor 18 Tahun 2019 yang mengharuskan setiap pemerintah daerah memfasilitasi pondok pesantren. Antara lain fasilitas pendidikan, pendampingan, hingga pemberdayaan para santri yang diproyeksikan melahirkan kalangan santri yang lebih unggul dan kompetitif. 

Dari program tersebut, kata Nasrodin, kinerja Ganjar sebagai seorang pemimpin sudah terbukti. Terlebih lagi, Nasrodin menyebut program itu melibatkan dan menitikberatkan pada pengembangan kuwala muda, dalam hal ini santri. 

"Bagaimana program beliau, bagaimana karakter beliau, dan bagaimana beliau dengan anak muda zaman sekarang. Itu sangat bagus sekali," katanya. 

Baca juga : Ulama Se-Jambi Pilih Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Nasrodin berharap, Ganjar dapat melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) din2024 mendatang. Nasrodin menyakini bahwa Indonesia semakin baik dan maju melalui kepemimpinan Ganjar Pranowo. 

Sementara itu, Koordinator Kyai Muda Jatim Kyai Ali Baidlowi MZ menyebut akan terus mensosialisasikan sosok Ganjar Pranowo ke seluruh masyarakat Jatim, khususnya kalangan pesantren. Kiyai Ali mengatakan, pihaknya ingin menunjukkan bahwa Ganjar dapat memberikan kepemimpinan terbaik untuk bangsa Indonesia. 

"Insya Allah kita sosialisasikan terus ke kabupaten-kabupaten dan kota se-Provinsi Jawa Timur. Mungkin habis ini bisa di Madiun, di Gresik, di Lamongan, juga di Kabupaten-kabupaten lain. Kita tunjukkan bahwa Pak Ganjar itu layak dipilih daripada yang lainnya," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.