Dark/Light Mode

Takjub, Ganjar Pranowo Satukan Raja Se-Nusantara Di Borobudur

Minggu, 11 Desember 2022 19:03 WIB
Foto: Humas Pemprov Jateng.
Foto: Humas Pemprov Jateng.

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan itu, Ganjar berterima kasih karena Jawa Tengah menjadi tuan rumah dalam gelaran festival kali ini.

“Terima kasih atas kehadirannya, ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga cita-cita leluhur,” ucapnya.

Sementara itu, di penghujung acara Ganjar menjadi rebutan foto bersama oleh para hadirin. Selain sesi foto formal, banyak yang meminta swafoto menggunakan kamera handphone. 

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Dzikir Dan Doa Bersama Di Kabupaten Banyuwangi

Ganjar Pranowo mendapat pujian dari para raja yang hadir dalam acara malam itu. Politikus berambut putih itu dinilai sebagai kepala daerah yang berkontribusi dan peduli, terhadap seni dan budaya.

Perdana Menteri Kerajaan Adat Gowa, Andi Bau Malik Barammamase, merasa berbahagia dan gembira dengan kehadiran Gubernur Jateng di festival ini.

“Sosok Pak Ganjar sangat bermasyarakat, mencintai budaya, sangat memperhatikan para raja, sultan dan pemangku adat dan semua unsur, yang menyangkut kebudayaan sangat didukung. Semoga ke depan beliau mendapat jabatan yang lebih bagus. Sehingga, masyarakat raja dan sultan bisa dapat bekerja sama dengan pemerintah,” ungkapnya.

Baca juga : Tegas, Ganjar Pranowo Instruksikan Reboisasi di Hulu Kendeng Cegah Banjir Terulang

Hal itu dibuktikan keberhasilannya dalam membuat kebijakan di Jateng, terkait pelestarian budaya.

“Jangankan Jateng, ini yang lingkup nusantara saja beliau mendukung,” terangnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua DPP Masyarakat Adat Nusantara, KGPAA Mangku Alam II.

Baca juga : Usai Satukan Raja Se-Nusantara Di Borobudur, Ganjar Suguhkan Pawai Budaya Kerajaan Ke Masyarakat

“Pak Ganjar adalah salah satu kepala daerah yang peduli terhadap adat dan budaya. Kami melaksanakan festival adat dan budaya nusantara di Bali, kami tidak ada kepikiran Jateng meminta jadi tuan rumah. Tapi dalam pidatonya secara daring, beliau meminta untuk digelar di Jateng,” katanya.

Menurutnya, Ganjar kerap kali menjalin komunikasi dengan para raja, guna bersama-sama mewujudkan visi misi mempertahankan adat dan budaya.

“Karena belum pernah, festival keraton maupun kerajaan yang dilakukan di Indonesia maupun nusantara, yang hadir sebanyak ini,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.