Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ziarah Ke Makam Islam Tua Di Barus, Wapres Pimpin Doa & Tahlil

Rabu, 15 Februari 2023 18:09 WIB
Wapres KH Maruf Amin (kedua kiri) saat berziarah ke Komplek Makam Mahligai, di Desa Aek Dakka, Rabu (15/2). (Foto: Dok.Waprea.go.id)
Wapres KH Maruf Amin (kedua kiri) saat berziarah ke Komplek Makam Mahligai, di Desa Aek Dakka, Rabu (15/2). (Foto: Dok.Waprea.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan rombongan usai menanam bibit kamper dan pohon rempah di Masjid Raya Barus, Jl. Ahmad Yani Kampung Solok, mengunjungi Komplek Makam Mahligai, di Desa Aek Dakka untuk melakukan Ziarah Makam, tahlil dan doa, Rabu (15/2).

Pada kesempatan tersebut, Wapres memimpin tahlil dan do’a dengan khidmat di area makam para ulama penyebar agama Islam ini.

Baca juga : Menantu Mbah Moen Doakan Ganjar Jadi Pemimpin Masa Depan

Dalam komplek makam tua tersebut, terdapat makam Tuan Syekh Rukunuddin, yang wafat pada 13 Safar tahun 48 Hijriyah di abad ke-7 dalam usianya 102 tahun 2 bulan 10 hari.

Sebagai informasi, makam Mahligai ini merupakan suatu tempat dimana banyak terdapat makam tua yang berjumlah sekitar 215 pasang nisan dengan luas sekitar 3 hektar yang letaknya berada di atas bukit.

Baca juga : Surya Paloh Ke Markas Golkar, Airlangga Akui Bahas Koalisi

Menurut sejarah, pada masa Khalifah Umar bin Khattab, banyak utusan khalifah dan saudagar Arab terutama dari Yaman melakukan ekspansi ke Asia.

Kala itu Barus menjadi tempat singgah karena daerahnya berhadapan langsung dengan samudera lepas. Para saudagar dari Arab, Yordan, Yaman, Persia dan Hindia juga banyak melakukan pelayaran ke daerah ini untuk kepentingan bisnis rempah-rempah dan pembelian kapur barus.

Baca juga : Demokrat Masuk 3 Besar, AHY Cawapres Makin Pantas

Sedangkan para ulama yang merupakan utusan Khalifah menginjakkan kakinya ke Barus untuk mulai menyebarkan Islam di Indonesia. Tak heran, jika di kawasan Barus terdapat banyak makam ulama. Sedangkan Kota Barus sendiri, berjarak sekitar 290 kilometer dari Kota Medan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.