Dark/Light Mode

Universitas Mercu Buana Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan UMKM

Senin, 27 Februari 2023 21:09 WIB
UMB melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM khususnya di wilayah Jakarta Barat, Senin (27/2). (Foto: Ist)
UMB melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM khususnya di wilayah Jakarta Barat, Senin (27/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) menyatakan komitmenya untuk terus membantu mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal ini juga sejalan dengan cita-cita pemerintah yang berkeinginan untuk memajukan UMKM, bahkan hingga naik kelas hingga internasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, UMB gencar melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM khususnya di wilayah Jakarta Barat. 

"Kali ini, kami memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada pelaku UMKM di lingkungan kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. Kami berharap, peran UMKM terus menjadi jatung dalam memajukan perekonomian Indonesia," kata Deden Tarmidi yang juga sebagai perwakilan UMB, di Jakarta, Senin (27/2).

Baca juga : Bane Raja Manalu Jadi Ketua Umum Panitia Tahun Profesionalisme Dalam Penatalayanan HKBP


Dalam kegiatan tersebut, sejumlah dosen UMB juga menyampaikan materi menarik di hadapan para pelaku UMKM yang disaksikan Sekretaris Kelurahan Kembangan Utara, Indra Gunawan.

Adapun materi sosialiasi dan pelatihan yang disampaikan oleh pemakalah terlihat sangatlah tepat dan punya kaitan langsung dengan situasi dan kondisi saat ini (bulan pelaporan pajak / SPT) dan juga berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas, khususnya para pelaku usaha Perorangan maupun UMKM.

Feber Sormin yang merupakan dosen UMB memberikan sosialisasi pelatihan tentang pencatatan dan pembukuan perhitungan penghasilan neto WP UMKM secara sederhana untuk bisnis oleh UMKM.  

Baca juga : Gelar Safety Hunting, KAI Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Sebidang

Sementara dosen lainnya, Edy Suroso memberikan pemahaman tentang perizinan berusaha berbasis risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS) yang merupakan pelaksanaan dari UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, serta Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dalam upaya membangun kesadaran  kolektif  dan menumbuhkan semangat  jiwa kewirausahaan, memahami pentingnya legalitas (legal formal) perizinan badan usaha,  kepastian hukum, dan sarana pemberdayaan pelaku UMKM untuk mendapatkan akses modal dari perbankan, dan berbagai kemudahan lainnya dari pemerintah.

Pemaparan lain juga diberikan dosen UMB lainnya, seperti Hendri Manalu dan Jemmi Sutiono. Hendri Manalu menyampaikan perihal pengisian eSPT dan langkah memanfaatkan tarif 0,5%. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan menghindari salah hitung pajak, serta meningkatkan pemahaman manfaat fasilitas perpajakan untuk pengembangan usaha UMKM. 

Sedangkan Jemmi Sutiono menjelaskan, bagimana manfaat fasilitas perpajakan untuk pengembangan UMKM, serta bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan fasilitas perpajakan yang diberikan pemerintah, khususnya selama masa periode Pandemi Covid-19, dan pasca pandemi berlalu. 

Baca juga : Komnas HAM Beri Masukan Ke KLHK Soal Mitigasi Iklim Dan Karbon

Pada kesempatan itu, Sekretaris Kelurahan Kembangan Utara Indra Gunawan, menyambut baik kegiatan tersebut. Dia menyatakan sangat mendukung program pemberdayaan yang dilakukan oleh Universitas Mercu Buana kepada warganya yang berusaha pada sektor UMKM. 

"Kepada peserta sosialisasi dan pelatihan UMKM agar berterima kasih dan serius dalam mengikutikegiatan ini. Semoga bermanfaat dan bisa mendukung usaha masing-masing," kata Indra. 

Sekadar informasi, kegiatan sosialisasi ini, diikuti oleh para pelaku usaha baik perorangan,UMKM, juga diikuti para mahasiswa dan para pegawai pemerintahan. Menariknya, kegiatan sosialisasi ini mengambil tema besar yang sesuai dengan kondisi saat ini. Mulai dari pentahapan perizinan badan usaha UMKM, tahapan pembuatan NPWP, pelatihan pencatatan pembukuan perpajakan secara sederhana, dasar teori akuntansi syariah, manfaat perpajakan, pelatihan pengisian SPT.  Serta bagaimana mengembangkan UMKM dimasa yang akan datang, mendapatkan akses modal yang besar dari perbankan, dan berbagai kemudahan lain, pada era the new normal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.