Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Peresmian PYCH

Anak-Anak Muda Papua Gelar Karnaval Tema Budaya Indonesia

Minggu, 19 Maret 2023 22:10 WIB
Ratusan anak muda ikut serta dalam kegiatan karnaval yang digelar dalam rangka peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Abepura, Jayapura, Papua, Sabtu (18/3). (Foto: Ist)
Ratusan anak muda ikut serta dalam kegiatan karnaval yang digelar dalam rangka peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Abepura, Jayapura, Papua, Sabtu (18/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan anak muda ikut serta dalam kegiatan karnaval yang digelar dalam rangka peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Abepura, Jayapura, Papua. 

Karnaval yang berlangsung Sabtu (18/3) tersebut, mengusung tema budaya Indonesia. Banyak dari mereka yang mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. 

Koordinator Karnaval PYCH, Dave Marcelino Kubiari mengatakan, tema ini diambil untuk memperkenalkan kepada anak muda Papua, terkait budaya-budaya dari berbagai provinsi di Indonesia. 

"Baju nasional itu dari 31 provinsi yang ada di Indonesia mereka membawa sekaligus mereka dikenalkan berapa banyak dan budaya apasih, terus baju-baju Indonesia itu seperti apa. Ini ajang kita untuk memperkenalkan budaya kita yang ada di Indonesia," ucapnya. 

Baca juga : Jelang Puasa, Lorin Sentul Hotel Gelar Dapur Ramadhan

Selain pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, karnaval tersebut juga menampilkan kostum dari para desainer di PYCH. Masing-masing kostum mereka mengambil tema kekayaan alam dan budaya yang ada di Papua. 

Ada pula penampilan drum band, paskibra, dan tari-tarian tradisional Papua yang dibawakan ratusan siswa dari beberapa sekolah di Jayapura 

Adapun rute karnaval ialah dari auditorium Universitas Cenderawasih hingga gedung PYCH. Total jarak yang ditempuh sekitar 8 kilometer. 

Dave menurutkan, salah satu tujuan karnaval ini juga untuk mensosialisasikan PYCH kepada masyarakat di Jayapura. 

Baca juga : Gandeng Japan Airlines, Bank Mega Gelar Pameran Travel Fair

"Harapannya dengan karnaval ini kita dapat menjaring dan memancing anak-anak muda Papua untuk dapat tahu bahwa PYCH hadir untuk apa. Jadi PYCH hadir untuk mengembangkan kreativitas anak muda dan talenta anak muda," harap Dave. 

"Terima kasih kepada Bapak Jokowi yang telah membangun dan membimbing anak muda PYCH, yang dapat membangun ekonomi dan kreativitas anak muda," tambahnya. 

Salah satu peserta karnaval PYCH, Rosselina Agnes Maniagasi mengaku sangat antusias bisa meramaikan karnaval dalam menyambut diresmikannya gedung Papua Youth Creative Hub. 

Dalam karnaval tersebut, Rosselina mengenakan kostum dari salah satu desainer PYCH. Dia menjelaskan, kostum tersebut bernama Putri Selatan Papua, yang terinspirasi dari Suku Asmat yang berada di wilayah Selatan Papua. 

Baca juga : Orang Muda Ganjar Kalbar Gelar Pelatihan Teknik Budidaya Ikan 

"Untuk antusiasnya sangat besar, karena memang saya tertarik di dunia entertain, khususnya di dunia modeling. Jadi saat ada kumpul untuk ajang ini, saya sangat antusias untuk meramaikan. Sekaligus membuktikan kepada teman-teman di Papua kalau kita bisa membuat dan membangun Papua lebih maju dengan karya-karya kita," jelas Rosselina.

Adapun para peserta karnaval PYCH itu merupakan anggota Papua Muda Inspiratif (PMI) yang juga dibina oleh Badan Intelijen Negara

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.