Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Pembangunan Mushala Ponpes Di Tapanuli Tengah

Santri Dukung Ganjar Sumut Berikan Bantuan Material

Jumat, 14 April 2023 04:34 WIB
Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumatera Utara memberikan bantuan material semen untuk Pondok Pesantren Qudussalam Sorkam yang terletak di Desa Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara. 
Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumatera Utara memberikan bantuan material semen untuk Pondok Pesantren Qudussalam Sorkam yang terletak di Desa Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara. 

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumatera Utara memberikan bantuan material semen untuk Pondok Pesantren Qudussalam Sorkam yang terletak di Desa Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara. 

Koordinator Daerah SDG Tapanuli Tengah, Bidin Wahyudi  mengatakan bantuan material semen tersebut diberikan untuk membantu Ponpes As-Siraj yang sedang membangun mushala. 

"Di sini kami membantu untuk pembangunan mushala itu berupa bantuan material yang nantinya dibutuhkan untuk pembangunan mushala ini. Harapannya semoga pimpinan yayasan ini merasa terbantu dan bisa memanfaatkan bantuan ini," kata Bidin pada Kamis (13/4). 

Bidin menjelaskan sebelum memberikan bantuannya, relawan SDG telah berkunjung ke Ponpes Qudussalam Sorkam. Dalam silaturahminya tersebut, relawan telah menyurvei terkait kebutuhan apa saja yang diperlukan ponpes. 

Beberapa relawan SDG Sumut juga diketahui merupakan lulusan ponpes tersebut, sehingga silaturahmi antara pihak ponpes dan relawan terjalin dengan kuat untuk saling membantu. 

Baca juga : Kowarteg Dukung Ganjar Adakan Ngabuburit Ceria

"Dari sana kami beranjak untuk melihat situasi di Ponpes Qudussalam Sorkam. Melihat kurangnya sebuah fasilitas yang sangat diperlukan, yatu masjid," ucapnya. 

Dengan adanya bantuan itu diharapkan bisa mengembangkan kualitas Ponpes Qudussalam Sorkam, sekaligus membuat para santri lebih nyaman untuk beribadah. 

Sebab, Bidin menjelaskan, selama ini para santri melaksanakan salat jemaah di ruangan ala kadarnya, seperti ruangan kelas. Tidak ada tempat khusus bagi mereka untuk melaksanakan shalat berjamaah. 

"Kemudian para santri juga yang hari-harinya salat berjamaah itu di ruangan (kelas) nanti bisa shalat berjamaah di masjid mereka sendiri," kata Bidin. 

Selain bantuan material untuk pembangunan mushala, para relawan juga turut menyerahkan bantuan puluhan kursi. Kursi-kursi tersebut nantinya akan diletakkan di ruang kelas untuk para santri belajar. 

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Ingin Ciptakan Harmonisasi Hubungan Industrial

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa pemberian bantuan yang dilakukan relawan SDG Sumut terinspirasi dari aksi sosial relawan SDG lainnya di berbagai daerah di Indonesia. 

"Ini bukan hanya kegiatan yang hari ini dilakukan, tapi sebelum-sebelumnya juga pernah dilakukan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk pesantren-pesantren nantinya." sebutnya. 

Untuk diketahui, dalam kunjungannya ke Ponpes Qudussalam Sorkam, relawan SDG Sumut juga menggelar kegiatan bermanfaat lain, seperti doa bersama dan khataman Al-Qur’an menjelang waktu berbuka puasa. 

Bantuan Ke Pelosok Daerah

Bidin juga menyebut bahwa kegiatan relawan SDG akan terus berlanjut. Dia merencanakan akan memberikan bantuan untuk ponpes-ponpes yang berada di pelosok daerah. 

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Banten Gelar Pelatihan Santri Tani Milenial

Dalam kegiatan berikutnya, relawan ini akan menyesuaikan bantuan yang mereka berikan ke para penerima manfaat.

"Rencananya tim SDG akan melaksanakan survei, melihat situasi daerah pesantren yang mudah-mudahan kita bisa memberikan bantuan untuk pesantren tersebut," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.