Dark/Light Mode

Gelar Mudik Gratis

GMC Sulsel Berangkatkan Puluhan Mahasiswa Rantau Pulang Ke Kampung Halaman

Sabtu, 15 April 2023 22:36 WIB
Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan Mudik Bareng GMC bagi mahasiswa rantau yang kuliah di Makassar, Sabtu (15/4). (Foto: Ist)
Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan Mudik Bareng GMC bagi mahasiswa rantau yang kuliah di Makassar, Sabtu (15/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman, sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan Mudik Bareng GMC. 

Kali ini, pendukung Ganjar Pranowo itu menyasar mahasiswa rantau yang kuliah di Makassar untuk dibantu mudik gratis.

Koordinator Wilayah GMC Sulsel, Sarman menjelaskan, mahasiswa yang mengikuti mudik gratis berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Makassar. 

Mereka merantau dari sejumlah daerah di Sulsel yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Rantau Lamasi (PMRI) dan Aliansi Gerakan Mahasiswa Aktivis Sulsel (AGMAS).

Baca juga : Pucak Arus Mudik 18-21 April, Menhub Anjurkan Masyarakat Pulang Kampung Lebih Awal

Pada kesempatan itu, tak kurang dari 35 pemudik diboyong milenial pendukung Ganjar Pranowo tersebut, menggunakan 1 unit armada luxury bus dari PO Piposs KIMA yang berlokasi di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar pada Sabtu (15/4) sore.

"Mudik ini kami barengi dengan bagaimana mengenalkan sosok Ayah Ganjar kepada teman-teman mahasiswa, sekaligus kita melihat kondisii hari ini bahwa banyak teman-teman mahasiswa dari luar daerah Makassar dan menuntut ilmu di Makassar dan ingin pulang kampung," ujar Sarman di lokasi.

Adapun rute mudik gratis dari GMC Sulsel tersebut bakal mengantarkan para pemudik dengan rute Makassar, Pare-Pare, Sidrap, Wajo, Luwu, Palopo dan Lamasi.

Para pemudik yang berangkat tak hanya difasilitasi bis gratis oleh GMC Sulsel, tetapi juga makanan dan minuman untuk konsumsi para pemudik selama berada di perjalanan pulang menuju kampung halamannya masing-masing.

Baca juga : TPPU Lukas Enembe, KPK Sita Bongkahan Emas Hingga Ikat Pinggang Kepala Macan

Sarman berharap penyelenggaraan Mudik Bareng GMC itu dapat membantu para mahasiswa yang ingin pulang untuk dapat kembali bersilaturahmi dengan keluarga, khususnya mahasiswa rantau yang kesulitan mendapatkan tiket transportasi.

"Kami ingin memfasilitasi teman-teman mahasiswa yang berada di Kota Makassar dari tanah rantau untuk bisa kembali ke kampung halamannya, ke keluarganya, ke sahabatnya dan teman-teman di daerah. Semoga bisa membantu teman-teman yang ikut serta," jelas Sarman.

Ucapan terima kasih para mahasiswa rantau yang mengikuti Mudik Bareng GMC pun diungkapkan Rahmika, salah satu mahasiswi Universitas Muhammadiyah (UNISMUH) Makassar yang berasal dari Kecamatan Masamba, Sulsel.

Dia mengaku sangat senang dan terbantu dengan mudik gratis dari GMC Sulsel. Terlebih, kata Rahmika, harga tiket bis di musim mudik lebaran seperti saat ini banyak yang mengalami kenaikan dan membuat mahasiswa kesulitan mendapatkan tiket mudik.

Baca juga : BUMN Ikut Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

"Hari ini saya mudik ke Masamba dengan GMC Sulsel. Mudik gratis ini sangat membantu karena musim mudik, (harga tiket) bis sedang mahal-mahalnya, jadi kegiatan ini sangat cocok untuk mahasiswa," ungkap Rahmika.

Mahasiswi yang sudah dua tahun merantau di Makassar itu mengharapkan, kegiatan mudik gratis dari GMC Sulsel dapat lebih menjaring banyak peserta sehingga lebih banyak pemudik yang terbantu oleh GMC Sulsel.

"Semoga ke depannya, kegiatan Mudik Bareng GMC Sulsel ini masih akan ada lagi. Mudah-mudahan dijalankan terus-menerus," tutur Rahmika.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.