Dark/Light Mode

Berikan Bahan Jaring Dan Pelampung

Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Bantu Tingkatkan Tangkapan Pelaut Gowa

Minggu, 16 April 2023 05:02 WIB
Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut memberikan bantuan bahan jaring untuk menangkap ikan kepada para nelayan di Kelurahan Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, pada Sabtu (15/4). (Foto: Ist)
Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut memberikan bantuan bahan jaring untuk menangkap ikan kepada para nelayan di Kelurahan Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, pada Sabtu (15/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar terus berkomitmen mendukung dan membantu para pelaut di beberapa daerah agar dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan mereka.

Kali ini, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut memberikan bantuan bahan jaring untuk menangkap ikan kepada para nelayan di Kelurahan Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, pada Sabtu (15/4).

Koordinator Wilayah (Korwil) Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan Rachmat Kurniawan menyatakan pihaknya terjun ke masyarakat Kelurahan Taeng yang mayoritas nelayan untuk mendekatkan diri sekaligus memberikan edukasi mengenai peningkatan ekonomi melalui tata kelola perikanan. 

"Kami turun sembari mengeratkan diri kepada masyarakat, khususnya nelayan dengan menyalurkan bantuan bahan jaring, rompi nelayan. Kami juga mengedukasi nelayan di sini tentang tata kelola perikanan untuk meningkatkan perekonomian nelayan," ungkap pria yang akrab disapa Rio tersebut.

Baca juga : Komunitas Nelayan Pesisir Lampung Ajak Warga Pesawaran Tanam Hutan Mangrove

Rachmat menjelaskan, setelah turun langsung ke masyarakat ini, pihaknya mendengar aspirasi para nelayan. Bantuan bahan jaring dan rompi pelampung diberikan untuk bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan penghasilan mereka.

"Saya melihat kondisi di tempat ini, Desa Taeng. Kondisi memang memerlukan bantuan.Karena itu, kami harus turun untuk melengkapi kebutuhan nelayan agar hasil tangkapan mereka meningkat," ungkapnya. 

Rachmat memerinci bantuan yang diberikan berupa 30 rol benang jaring dan 3 rompi pelampung nelayan.

"Yang kami berikan bahan membuat jaring berupa 30 rol benang tasi (bahan dasar jaring) dan 3 rompi nelayan. Acara ini juga dihadiri sekitar 100 orang," ujarnya.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Banten Gelar Pelatihan Santri Tani Milenial

Dia berharap, setelah pemberian bantuan ini, hasil tangkapan para nelayan di Kabupaten Gowa bisa meningkat signifikan sehingga pendapat mereka pun menjadi bertambah.

"Harapannya ke depannya setelah kegiatan ini, Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Dukung Ganjar bisa mempererat tali silaturahmi dengan nelayan setempat. Hasil tangkapan mereka bisa meningkat sehingga pendapatan mereka bertambah," ucapnya.

Rachmat menyatakan nelayan di Kelurahan Taeng, Kecamatan Pallangga, terlihat antusias mengikuti kegiatan yang diadakan sukarelawan Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel.

"Kehadiran kami disambut antusiasme nelayan bersama keluarganya di sini," ujarnya. 

Baca juga : Relawan Pendukung Jokowi Dukung Pemimpin Pelanjut Indonesia Maju

Sukarelawan ini berencana terus melakukan survei ke beberapa daerah pesisir di Sulsel yang dianggap perlu untuk digelar kegiatan serupa.

Sementara itu, Sadang sebagai nelayan di pesisir sekitar Sungai Je'ne Berang, Kelurahan Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, berterima kasih atas bantuan yang diberikan Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel. 

Pria berusia 46 tahun tersebut akan menggunakan benang jaring tersebut untuk meningkatkan hasil tangkapannya. Menurut dia, jaring tersebut nantinya bisa bertahan selama lima bulan. Dengan begitu, dia berharap pendapatan dari ikan hasil tangkapannya bisa bertambah sehingga perekonomian keluarganya meningkat.
"Saya bersyukur diberi bantuan pelampung dan benang untuk membuat jaring guna menangkap ikan. Jaringnya nanti bisa dipakai selama lima bulan. Saya terima kasih sekali dari sini hasil tangkapan saya bisa meningkat," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.