Dark/Light Mode

Gelar Mudik Gratis

Ridwan Kamil Apresiasi Kolaborasi Pemprov Jabar Dan PT Sasa Inti

Selasa, 18 April 2023 22:17 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas peserta mudik gratis di halaman kantor Bapenda Jabar, Kota Bandung. (Dok. Pemdaprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas peserta mudik gratis di halaman kantor Bapenda Jabar, Kota Bandung. (Dok. Pemdaprov Jabar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi kolaborasi Pemda Provinsi Jabar dan PT. Sasa Inti yang mengadakan program Mudik Gratis. Sebanyak 20 bus diberangkatkan tujuan mudik gratis ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ridwan Kamil mengatakan, program Mudik Gratis untuk memotivasi masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika pulang ke kampung halaman.

"Hari ini saya melepas acara mudik gratis. Kenapa penting? Untuk memotivasi orang tidak menggunakan kendaraan pribadi," kata Ridwan Kamil di halaman kantor Bapenda Provinsi Jabar, Kota Bandung, Selasa (18/4/2023).

Baca juga : Lepas Mudik Gratis BUMN Di GBK dan Cek Stasiun Senen, Erick Dorong Program Pro Rakyat

"Tadi ada cerita yang mau menyewa mobil boks tapi membahayakan. Setelah mendengar mudik gratis mereka beralih," imbuhnya.

Dikatakan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, puncak mudik diperkirakan akan terjadi di hari pertama cuti bersama pada 19 April 2023.

Guna menyiasati terjadinya penumpukan di beberapa ruas jalan di Jawa Barat, Polda Jabar sudah menyiapkan 300-an pos pengamanan.

Baca juga : Ganjar Bikin Pemudik Irit Ongkos Hingga Jutaan Rupiah

"Puncak mudik kemungkinan besok. Hari ini mulai meningkat pesat, prediksinya di hari Rabu besok, hari pertama, cuti bersama, kita sudah siaga satu 300 pos pam disiapkan. Dua tol sudah tembus Bocimi sampai Cibadak dan Tol Cisumdawu sampai Kertajati," jelasnya.

Kang Emil mengungkapkan, ada dua rest area baru bagi pemudik yang akan melewati Tol Cipali.

"Di daerah Cipali ada dua  rest area baru di KM 88 dan 160. Oleh karena itu saya meyakini mudik di tahun ini walaupun meningkat 40 persen (dibanding tahun lalu), dari 80 juta ke 123 juta (pemudik), insyaallah lancar terkendali. Kami monitor setiap hari," ucapnya.

Baca juga : Pangdam V Brawijaya Apresiasi Aksi Babinsa Cegah Kenaikan Angka Stunting

Kang Emil juga memperbolehkan warga yang mudik untuk membawa sanak saudaranya ke Jabar asalkan yang dibawanya memiliki skill dan berkontribusi aktif dalam pembangunan Jabar.

"Selamat mudik, selamat sampai tujuan. Boleh kembali ke Jabar asal bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan Jabar," tegas Kang Emil.

"Jadi yang datang mudik ke Jabar diperkirakan 20 juta, yang keluar dari Jabar 14 juta. Kurang lebih kita kedatangan populasi 6 juta-an," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.