Dark/Light Mode

Survei Indikator Politik: Kepuasan Terhadap Jokowi Capai Level Tertinggi Dalam 8 Tahun Terakhir

Rabu, 19 April 2023 15:13 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi. (Foto: Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 8-13 April 2023 menunjukkan, kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 75,5 persen. Angka ini menjadi capaian tertinggi sejak 2015, atau delapan tahun terakhir.

Sebelumnya, angka tertinggi sempat tercatat pada Januari 2023, dengan 75,3 persen.

"Kalau kami lihat dalam delapan tahun terakhir, survei kali ini paling tinggi, 75,5 persen," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, saat memaparkan hasil survei Indikator Politik bertajuk "Isu-Isu Mutakhir dan Dinamika Elektoral Pasca Batalnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20", di Jakarta, Rabu (19/4).

Baca juga : Kepuasan Ke Jokowi Stabil Di Puncak

Burhanuddin menjelaskan, mayoritas masyarakat menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Jumlah tersebut terdiri dari 16,6 persen responden yang menyatakan sangat puas dan 58,9 persen menyatakan cukup puas.

Burhanuddin menyampaikan dua alasan yang menyebabkan tingginya approval rating atau persentase kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Pertama, penanganan ekonomi Indonesia yang dinilai positif oleh responden.

Baca juga : 76,8 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi, Tertinggi Dalam 8 Tahun

"Padahal seperti yang kita tahu, di beberapa negara lain kondisi ekonomi turun dan kurang baik," ungkapnya.

Sementara alasan kedua, publik menilai Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia mampu menanggulangi pandemi Covid-19 yang memporakporandakan dunia.

Survei Indikator Politik terbaru itu diikuti oleh 1.212 responden. Metode survei yang dilakukan adalah menghubungi responden melalui sambungan telepon. Tingkat kepercayaan dalam survei tersebut mencapai 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.