Dark/Light Mode

Kapolri: Waktu Tempuh Arus Mudik Tahun Ini Alami Penurunan

Rabu, 26 April 2023 00:51 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 ini mengalami penurunan waktu tempuh.

Dari laporan yang diterima, waktu tempuh kendaraan mudik tahun ini yakni rata-rata 6 jam 47 menit. Sedangkan pada arus mudik tahun 2022, waktu tempuh kendaraan mencapai lebih dari 7 jam. 

Baca juga : Tinjau Arus Mudik Di Bakauheni, Kapolri: Tahun Ini Tidak Terjadi Antrean

Sigit menuturkan, perhitungan waktu tempuh tersebut diambil data dari arus mudik pada H-3 Lebaran.

"Satu hal yang saya infokan terkait arus mudik terjadi penurunan waktu tempuh dibanding tahun 2022. Saat ini di hari H-3 waktu tempuh rata-rata 6 jam 47 menit. Ini mengalami perubahan terjadi waktu tempuh lebih singkat, sementara tahun 2022 H-3 7 jam lebih," kata Sigit saat meninjau arus balik di KM 72 Tol Cikampek, Selasa (25/4).

Baca juga : Naik Heli, Kapolri Dan Panglima TNI Tinjau Arus Mudik Di Tol Jakarta-Merak Hingga Pelabuhan Bakauheni

Dari evaluasi arus mudik tersebut, mantan Kabareskrim Polri ini menyatakan, ada selisih sekitar 18-30 menit waktu tempuh kendaraan yang melakukan mudik.

Penurunan waktu tempuh tersebut, menjadi kabar baik. Ia pun menuturkan, hasil ini akan menjadi evaluasi untuk menghadapi arus mudik pada tahun-tahun selanjutnya. 

Baca juga : Rasakan Mudik Tahun Ini Lebih Baik, Masyarakat Apresiasi Polri

"Pada situasi puncak arus mudik meningkat dengan pengurangan waktu tempuh yang ada ini kabar baik kita semua. Ini menjadi evaluasi untuk perbaikan di tahun yang akan datang," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.